3 tahun - Menerjemahkan

Ice Breaking
Saat kita berkenalan dengan seseorang, baik disuatu pertemuan atau diperjalanan. Sering kita bingung memulai pembicaraan, apalagi yang kepribadiannya digolongkan introvet. Serba salah, mau cerita sesuatu atau membicarakan sesuatu, takut tidak menarik. Biasanya kita diajari basa-basi. Nah basa-basinya habis terus, hening.
Beda dengan orang yang ekstrovert atau nyablak bahasa gaulnya, biasanya akan terus nyerocos cerita, walau lawan bicara yang baru dikenalnya, sampai bingung harus menjawab apa. Ha..ha...ha..
Dalam dunia marketing, ada satu perkenalan terhadap prospek yang disebut Ice Breaking, sama saja kurang lebih artinya Basa-Basi. Tapi sebenarnya Ice Breaking itu lebih punya goal tertentu. Bukan bahasa yang basi.
Oleh karena itu, Ice Breaking pun tidak sekedar asal bicara, seperti belum apa-apa menanyakan pekerjaan, asal darimana, sudah menikah belum, anak berapa.
Wooi basi woiii....
Ice breaking bagi seorang marketer, haruslah diawal sudah punya goal, pembicaraan akan mengarah kemana. Misal kalau seorang sales property, prospek yang akan di handle pun sudah harus di pelajari profilnya. Jadi seorang sales itu sudah harus bisa membaca sekilas dari profile prospeknya. Bisa lihat dari pakaiannya, gaya jalannya.
Walau kelihatan pakaiannya sederhana, tapi kalau gaya jalannya penuh percaya diri. Bisa jadi itu adalah hot prospek.
Maka Ice Breaking ke orang seperti ini, bisa contoh dengan berkata : (orang tersebut jalan ke tempat kita) : "Silahkan duduk Pak/Bu, Apa Bapak/Ibu sudah sempat lihat-lihat maket proyek kami/survey proyek kami?" Itu adalah ice Breaking, yang akan membuat prospek membuat jawaban. Dari jawaban itu, bisa melanjutkan pembicaraan yang menjurus. Bukan pertanyaan Basi..... Bapak/Ibu dari mana? hihihi.
Lain waktu Saya akan teruskan bagaimana teknik-teknik Ice Breaking yang lebih detail.
Sementara mau ngopi dulu ini, terlanjur dingin Kopinya, Nggih nopo Nggih Ndan Eddy?

Buat yang sama-sama menyenangi dunia marketer, belajar bareng dan diskusi yuk, di Group W-All NgAMar (Ngobrol Ala Marketer)
#NgAMar #Indonesia

image