Indonesia Resesi Ekonomi 2020? Persiapkan Hal ini!

Komentar · 541 Lihat

Corona atau Covid 19 sangat berpengaruh besar pada perekonomian beberapa negara di dunia. Hal ini juga tidak luput dirasakan oleh Indonesia. Oleh karena itu sudah mulai beredar berita bahwa Indonesia sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi resesi ekonomi 2020.

Mungkin masih banyak masyarakat yang bingung bahkan belum paham apa yang dimaksud dengan resesi ekonomi. Belakangan terakhir ini santer berhembus kabar bahwa Indonesia akan menjalani resesi ekonomi pada tahun 2020 ini. Resesi sendiri pengertiannya adalah penurunan produk domestik bruto yang terjadi secara berturut-turut. Hal ini diakibatkan karena adanya penurunan kegiatan ekonomi yang sudah terjadi berbulan-bulan atau juga bertahun-tahun dalam sebuah negara.Tentunya covid 19 yang melanda dunia dan juga menghinggapi negara Indonesia sangat berpengaruh pada putaran perekonomian negara.

Dalam konteks ini kita tidak akan membahas mengenai kenapa dan bagaimana resesi ekonomi itu bisa terjadi di negara Indonesia, tetapi kita akan lebih mengulas apa yang harus kita lakukan atau kita persiapkan jika resesi tersebut benar-benar dijalankan di Indonesia.

 

Hal yang harus dipersiapkan menghadapi resesi ekonomi 2020

  • Mulai membangun bisnis sampingan

Resesi ekonomi ini akan berdampak besar bagi para pekerja. Bagi yang mempunyai ketrampilan khusus mungkin dampak yang dirasakan tidak sebesar bagi orang yang yang mempunyai ketrampilan seadanya. Terutama dilihat dari tingkat pendidikan yang dimiliki. Oleh karena itu mulailah mencari celah untuk membangun sebuah bisnis sampingan sehingga bisa menambah pendapatan Anda.

  • Mulai pengiritan

Hal ini penting untuk menekan pengeluaran yang tidak diperlukan. Mulai memilah kebutuhan primer yang harus tersedia. Anda harus menekan pengeluaran bulanan apalagi pengeluaran yang masih bersifat sekunder.

  • Hidup sesuai kemampuan

Hindari pengeluaran berlebihan dan disesuaikan dengan kemampuan saja.Itu juga Anda tidak boleh menghabiskan semua pendapatan Anda selama sebulan.

  • Menabung

Tentu saja dengan menjaga pengeluaran sesuai kebutuhan dan kemampuan akan ada sisa dana yang bisa Anda tabung. Tingkatkan dana darurat yang Anda miliki.Jika Anda mempunyai hutang, sebaiknya Anda juga memprioritaskan untuk melunasi semua hutang Anda agar Anda dapat mengatur semua keuangan secara baik.

Itulah sebagian cara yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi resesi ekonomi Indonesia 2020 ini. Semoga saja dapat membantu Anda agar dapat melewati resesi ini dengan ringan.

Komentar