2 tahun - Menerjemahkan

BRAND STORY

Esai
#109

Secara tidak langsung, manusia sangat suka dengan cerita atau cerita yang berbeda atau unik. Apalagi untuk urusan iklan, video, marketing campaign, atau cerita dalam sebuah brand. Oleh sebab itu, akhir-akhir ini sering kita melihat bagaimana merek besar memberikan cerita yang unik, misalnya sukses dengan kampaye bertagar #.

Apakah merek besar tidak sengaja membuat sebuah ide pemasaran yang kemudian akhirnya viral? Jelas tidak.

Urbaners, mereka telah melakukan perencanaan sampai akhirnya bisa men-delivery cerita dengan sangat matang. Sekarang akan dibahas apa sebenarnya definisi dari brand story, bermanfaat untuk brand lokal, dan bagaimana cara membuat brand stories.

Apa itu brand stories dan bermanfaat bagi pebisnis

Cerita merek adalah cerita yang dibuat untuk menjelaskan mengapa sebuah kampanye pemasaran ini dibuat, mengapa sebuah bisnis ini muncul, dan pada akhirnya semua orang akan tahu mengapa bisnis yang dibuat ini bisa menjadi solusi di tengah masyarakat. Jadi, calon pelanggan kita akan mengetahui bahwa bisnis yang dibuat ini cocok untuk dikembangkan serta untuk memenuhi pasar, tetapi juga akan mendapatkan koneksi yang sangat kuat antara bisnis dan pelanggan.

Bagaimana caranya membuat cerita merek?

Cara men-deliver brand stories yang will lo ada berbagai macam cara.

Lewat kata-kata atau artikel, gambar, video, atau aplikasi audio. Setiap bisnis memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Jika kita bergerak di bidang jasa, cara yang paling tepat adalah menggunakan gambar dan juga video.

Kemudian untuk kita yang memiliki produk, kita bisa menggunakan semua platform untuk men-deliver sebuah cerita merek.

Langkah pertama dalam membuat cerita merek adalah wujudkan visi dan misi dalam membuat sebuah bisnis atau merek ke dalam sebuah cerita.

Kriterianya adalah kisah yang dibuat merupakan kenyataan dan bukan sesuatu yang dibuat-buat, yang kedua ceritanya adalah orisinal atau asli, dan terakhir cerita yang kita buat harus dekat dengan para pelanggan.

Intinya Semakin dekat dengan pelanggan, semakin mudah pula menemukan cerita yang akan diangkat

Yuswohady pengamat marketing mengatakan 3 prinsip brand story' yang kuat adalah :

1.Human Brand story' harus di dasarkan pada brand personality untuk tampil humanistik

2.Auhentic, Brand story' harus datang dari ide yang otentik dan beda dari yang lain.

3 Shareable, Brand Story' harus memiliki daya tarik untuk dibagikan kepada orang lain.



Karena Brand Story' yang kuat akan menggerakkan konsumen untuk menjadi Brand Story tellers

Bagaimana dengan Brand Story kita?

image