2 tahun - Menerjemahkan

MARKETING BATTLE PLAN

Esai
#110


Pernahkan kita merasa bahwa pasar adalah seperti sebuah simulasi perang antar para pemain yang saling bersaing.
Oleh karena itu ibarat di peperangan,maka strategi yang tepat benar-benar diperlukan untuk meraih kemenangan.
Ada empat strategi peperangan sebagaimana disampaikan *Al Ries & Jack Trout* dalam bukunya Marketing Warfare
Antara lain :

1.Defensive Strategy
Strategi bertahan yang dapat digunakan _market leader_ untuk tetap mempertahankan dominasinya di pasar. Dalam hal ini lawan adalah diri sendiri untuk mempertahankan identitas dan fitur-fitur produk adalah dua cara untuk bertahan sebagai pemenang.

2.Attacking Strategy
Adalah strategi menyerang yang dapat digunakan oleh runner up untuk meningkatkan market share dan mengalahkan market leader. Dipakai untuk menyerang lawan dengan menyasar titik utama kelemahannya. Kekuatan dan kelemahan pemimpin pasar adalah dua faktor yang harus diperhatikan dalam strategi ini.

3.Flanking Strategy
Strategi mengeksploitasi pasar yang tidak dilirik pemain besar yang dilakukan oleh new comers.
Strategi ini menyerang lawan dari arah yang tidak disangka.Titik buta lawan adalah faktor pertimbangan utama dalam merancang serangan ,dalam hal ini elemen kejutan harus muncul disaat meluncurkan serangan agar lawan kewalahan.

4.Gorilla Strategy
Strategi untuk menjadi lincah dan beradaptasi dengan kondisi pasar yang dapat digunakan oleh small player untuk bertahan di pasar.
Maksudnya strategi ini ialah menguasai pasar yang kecil dengan sumber daya yang sedikit.
Fleksibilitas dan mobilitas adalah dua prinsip yang dilakukan.
Selain itu improvisasi dan keputusan cepat harus dilakukan untuk menjamin bisnis kita dapat bertahan dengan strategi ini.


Bukannya
Sun Tzu ( The art of War) mengatakan
Kenali musuh dan kenali diri anda maka anda tidak akan pernah terancam dalam seratus pertempuran

Lantas memilih strategi yang manakah kita?

image