3 Rahasia Sukses Belajar Matematika Ajaib

Komentar · 68 Lihat

Perhatikan 3 rahasia ini agar anak Anda bisa memahami dan menguasai Matematika Dasar dengan baik dan benar. Tanpa 3 rahasia ini, mustahil anak-anak bisa menguasai Matematika. Kecuali dia anak yang sangat cerdas.

Hasil penelitian pribadi yang kami lakukan menghasilkan kesimpulan yang cukup mengejutkan. Bahwa anak-anak dapat lebih sukses belajar ketika para orangtua dengan sepenuh hati mendukung apa yang mereka lakukan. Saat ini, membantu usahanya untuk belajar, mengerti dan paham matematika merupakan hal terpenting dari semuanya.

Bertambah majunya teknologi dunia membutuhkan keahlian matematika. Matematika juga dibutuhkan tidak hanya pada pekerjaan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya, kebutuhan memahami matematika dengan benar menjadi sesuatu yang mutlak bagi semua anak.

Untuk memastikan bahwa anak-anak telah siap menuju sukses di sekolah lanjutan sampai di perguruan tinggi hingga tahap mencari pekerjaan, orangtua harus melibatkan diri dari awal hingga akhir tahun sekolah dalam memperkuat keahlian dan pandangan positif anak-anak terhadap matematika.

Dimulai dari sekolah dasar, anak-anak harus belajar konsep aljabar, geometri, ukuran, statistik dan logika. Sebagai tambahan, mereka juga harus belajar bagaimana memecahkan suatu masalah melalui terapan pengetahuan matematika pada setiap situasi yang baru.

Anak-anak juga harus belajar berpikir untuk menjadi seorang ahli matematika, mampu di bidang matematika dan untuk mengomunikasikan gagasan-gagasan matematika baik lisan maupun melalui tulisan.

Melalui program “No Child Left Behind” pada tahun 2001, presiden Amerika Serikat berkomitmen untuk mencapai standar prestasi bagi semua anak, asalkan mereka ditangani oleh guru yang memenuhi syarat dan petunjuk dasar dari penelitian ilmiah.

Membantu anak belajar matematika adalah usaha penting. Dan karenanyalah pemerintah Amerika Serikat menyiapkan orangtua dengan informasi tentang berbagai penelitian mutakhir.

Hal itu diharapkan dapat membantu memberikan dukungan untuk anak-anak ketika belajar di rumah dan juga mencoba memahami apa yang orangtua harapkan dari sekolah anak-anak mereka.

Tiga hal yang perlu diingat oleh para orangtua agar berhasil mengajarkan dan membimbing pelajaran matematika pada anak, maka orangtua diharapkan mampu:

  1. Berfungsi sebagai pemecah masalah
  2. Berkomunikasi secara matematis
  3. Menunjukkan kemampuan logika berpikir

Berfungsi sebagai pemecah masalah artinya orangtua diharapkan mampu bertanya, memeriksa, menyelidiki dan mencari jalan keluar dari setiap masalah, menunjukkan kemampuan menyelesaikan masalah, memahami kemungkinan menggunakan sejumlah cara yang berbeda untuk menyelesaikan suatu masalah.

Berkomunikasi secara matematis artinya menggunakan kata atau kalimat, angka-angka, grafik, atau simbol-simbol untuk menjelaskan situasi tertentu. Berkomunikasi secara matematis juga dapat berarti bagaimana orangtua dapat memberikan alasan atas setiap jawaban yang diberikan, mendengarkan dengan seksama untuk mencari cara lain atas setiap persoalan, menggunakan gambar untuk menjelaskan suatu masalah, dan menjelaskan urutan langkah atas setiap soal matematika (bukan hanya sekedar memberikan jawaban akhir).

Menunjukkan kemampuan logika berpikir artinya berpikir secara logis sehingga mampu melihat kesamaan atau perbedaan suatu objek, membuat pilihan berdasarkan perbedaan atau membuat pilihan berdasarkan persamaan, dan menjelaskan hubungan keduanya.

Orangtua dapat meningkatkan logika berpikir anak dengan cara meminta anak menjelaskan dasar jawabannya, lalu menyederhanakan atau melebarkan pembahasannya secara matematis.

Demikianlah 3 hal yang perlu diperhatikan oleh setiap orangtua maupun guru di sekolah tentang  bimbingan belajar matematika.

Secara lengkap dan terperinci ketiga hal ini akan dibahas lebih mendalam serta bagaimana mengaplikasikannya pada soal-soal matematika pada edisi berikutnya di dalam video pembelajaran Matematika Ajaib

Matematika Ajaib membahas langkah demi langkah logis bagaimana anak harus memahami dan menguasai perhitungan dasar. Namun, Keajaiban Matematika memang suatu keniscayaan bahwa keajaiban itu muncul pada saat kita sudah memahami pola pikir atau alur kaedah Matematikanya.

Pekerjaan orangtua terbesar dan tersulit adalah bukan terletak pada materi Matematikanya. Tapi justru terletak pada kemampuan orangtua untuk mendampingi anak-anak belajar Matematika bersama.

Sampai jumpa di kelas Matematika Ajaib dan tetap semangat!

Komentar