10 Cara Praktis Menumbuhkembangkan Karakter Anak

Komentar · 67 Lihat

Memiliki anak adalah dambaan setiap orangtua yang baru berumahtangga. Namun, tidak semua pasangan muda serta merta dapat mendidik anak-anaknya untuk memiliki karakter yang baik. Baik menumbuhkembangkan karakter anak usia dini, kedua, bungsu, ke 3, tunggal, usia 3 tahun, ke 4, usia 5 tahun, ataupun berdasarkan jam lahir.

Sesungguhnya ada banyak teori ataupun cara untuk menumbuhkembangkan karakter anak. Baik menumbuhkembangkan karakter anak usia dini, kedua, bungsu, ke 3, tunggal, usia 3 tahun, ke 4, usia 5 tahun, ataupun berdasarkan jam lahir. Nah, bagi Anda orangtua atau pasangan muda dalam rumahtangga, berikut saya paparkan 10 cara praktis menumbuhkembangkan karakter anak-anak Anda:

Pertama: Orangtua, sesibuk apapun, harus memprioritaskan atau meletakkan tugas menumbuhkembangkan karakter anak menjadi agenda nomor satu dalam pendidikan keluarga. Orangtua yang baik adalah mereka-mereka yang menyediakan waktu yang cukup bagi tumbuhkembang anak-anak yang sehat jasmani dan rohaninya. Parenting harus menjadi agenda harian dengan prioritas yang tinggi.

Kedua: Setiap pekan, analisalah seberapa besar waktu yang Anda curahkan untuk berkomunikasi dengan anak. Evaluasilah bagaimana Anda menghabiskan waktu bersama anak. Apakah cukup efektif atau justru membuang-buang waktu? Namun, yang terpenting adalah upayakan agar Anda dapat melebur dan terlibat langsung dalam dunianya.

Ketiga: Keteladanan. Ingat, keteladanan adalah kunci satu-satunya yang sangat efektif untuk memberikan contoh konkret pada anak. Setiap gerak-gerik Anda tak akan terlepas dari pantauan anak dan dia mudah sekali meneiru Anda. Apapun prilaku Anda, baik atau buruk, anak siap mencontoh. Jadi berhati-hatilah.

Keempat: Anda wajib menjadi mata dan telinga bagi mereka. Setaip input atau informasi yang datang pada anak Anda, apakah dari buku, media, telivisi dan lainnya, harus Anda seleksi dengan ketak. Anak Anda belum dapat memilih sebuah tayangan itu bermoral atau tidak. Jadi Andalah filternya.

Kelima: Selalu gunakan bahasa yang baik dan benar serta berkarakter. Anak Anda akan kesulitan mengembangkan pedoman moralnya, kecuali jika Anda menggunakan bahasa sehari-hari yang jelas dan lugas. Ajak mereka untuk menentukan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ditiru oleh mereka.

Keenam: Berikan reward dan punishment yang sewajarnya. Hukuman itu bukan tabu. Anda harus mampu menunjukkan bahwa hukuman dan hadiah itu dua-duanya adalah salah satu perwujudan cinta kasih Anda pada anak-anak. Hukuman boleh diberikan asalkan tidak berlebihan. Sebaliknya, hadiah juga boleh diberikan atas prestasi anak namun juga jangan berlebihan.

Ketujuh: Berlatih buat mencermati anak Anda. Merupakan perihal yang gampang buat berbicara dengan anak-anak Anda. Salah satu perihal yang terbaik yang bisa kita jalani merupakan berdialog dengan mereka dengan cara sungguh-sungguh. Senantiasa berikan waktu yang cukup dan memadai tanpa tergesah-gesah untuk mencermati mereka.

Kedelapan: Ikut serta dengan kehidupan sekolah mereka. Sekolah merupakan bagian kehidupan berarti untuk anak–anak. Pengalaman mereka di sekolah merupakan semacam“ sekarung” kebahagiaan, kesedihan, kemenangan, serta kekesalan. Dapat tidaknya mereka mengalami serta menuntaskan permasalahan itu, memiliki pengaruh besar kepada cara mereka sanggup melaksanakan hidupnya nanti. Menolong mereka buat jadi anak didik yang baik dan benar merupakan pula menolong mereka meningkatkan kepribadian yang kuat.

Kesembilan: Senantiasa adakan makan bersama. Sesibuk-sibuknya Anda, hendaknya senantiasa sediakan waktu buat makan bersama semua keluarga. Makan bersama merupakan sarana yang bagus buat berbicara, menancapkan angka, serta akhlak yang bagus. Mengertikah Anda kalau di meja makanlah anak-anak dapat meresap peraturan-peraturan serta sikap yang sebaiknya dipunyai oleh mereka saat ini dan dikemudian hari. Oleh sebab itu pada jam-jam makan malam Anda butuh mengomunikasikan segala hal yang bagus buat bekal hidup mereka.

Kesepuluh: Janganlah ceria kepribadian cuma dengan perkata saja. Kita memperoleh adab bagus lewat praktek ataupun peristiwa dalam kehidupan tiap hari. Anda wajib menolong anak buat meningkatkan sikap akhlak yang bagus lewat patuh diri, kerutinan yang terpuji, segan serta adab, serta menolong orang lain. Landasan pengembangan kepribadian anak merupakan perilaku yang harus disiapkan sejak dini untuk bekal sikap mereka di kemudian hari.

Sempai bertemu di artikel berikutnya ya gaes.

Komentar
Erna Wati 1 w

Yup sepakat banget dengan tipsnya.. wajib dicoba