Jangan Tertawa 6 Negara Ini Kekuatan Militernya Cuma Segini Doang

Komentar · 58 Lihat

Setiap negara pasti membutuhkan kekuatan pertahanan diri. Jadi tak heran jika negara seperti Indonesia ini memiliki kekuatan militer yang ditakuti di kawasan Asia selain India, Myanmar, China dan Jepang. Di Eropa Timur, ada kekuatan militer Rusia dan Ukraina yang patut disegani

Setiap negara pasti membutuhkan kekuatan pertahanan diri. Jadi tak heran jika negara seperti Indonesia ini memiliki kekuatan militer yang ditakuti di kawasan Asia selain India, Myanmar, China dan Jepang. Di lain wilayah, Eropa Timur, ada kekuatan militer Rusia dan Ukraina yang patut disegani lawan dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Lalu bagaimana kondisi negar-negara dengan kekuatan militer paling lemah di dunia? Cek yuk faktanya.

Selama ini jika berbicara tentang negara dengan militer terkuat di dunia tentu mayoritas orang akan mengatakan bahwa Amerika Serikat, Rusia dan Cina ada di urutan pertama kekuatan militer. Dari ketiga negara tersebut memang sangat tangguh apalagi mereka didukung dengan peralatan perang yang sangat modern dan canggih.

Namun ternyata ada beberapa negara di dunia yang dinyatakan sebagai negara dengan kekuatan militer paling lemah. Hal ini disebabkan mulai dari tidak adanya alutsista, jumlah personel aktif sampai budget yang miris pada negara tersebut.

Belum tahu kan negara-negara dengan militer terlemah? Berikut saya rangkumkan dari berbagai literatur yang saya peroleh. Disimak, yuk!

Pertama, Bhutan

Berdasarkan data yang diperoleh, Bhutan adalah negara yang paling lemah dalam segi militernya. Bahkan negara ini berada di peringkat 138 dari 138 negara di dunia, alias urutan paling terakhir gaes!

Ada banyak alasan kenapa negara ini begitu lemah dalam militer. Hal ini tentu berdasarkan dari jumlah Alutsista yang dimiliki negara tersebut diketahui bahwa masing-masing satuan militer negara ini hanya memiliki beberapa peralatan perang.

Dengan total penduduk sekitar 750.000 negara ini hanya memiliki 7.000 tentara aktif. Meski begitu negara ini bisa mengerahkan sekitar 170.000 penduduknya jika dalam keadaan darurat. Berdasarkan data Negeri indah ini hanya memiliki 27 kendaraan lapis baja sebagai pertahanan daratnya dan tidak mempunyai tank lapis baja serta kendaraan pengangkut rudal.

Selain itu Bhutan juga bisa dibilang merupakan negara yang paling irit di dunia. Untuk kekuatan udara negara ini hampir tidak memiliki apapun untuk pertahanan angkasa. Baik itu pesawat tempur ataupun pesawat transportasi.

Melihat letak geografisnya negara ini dikepung oleh begitu banyak daratan dan hal ini juga membuat negara tersebut tidak mempunyai kekuatan laut sama sekali.

Kedua, Panama

Panama adalah sebuah negara yang terletak di bagian Tenggara Amerika Tengah yang berbatasan laut dengan Karibia, Samudra Pasifik, Kolombia dan juga Costarica. Diketahui bahwa negara ini memang tidak memiliki apapun untuk diunggulkan dari militernya.

Dilihat dari jumlah personel militernya, Panama hanya memiliki sekitar 12.000 tentara dan diperkirakan tidak ada Infanteri cadangan seperti negara-negara lainnya yang ada di dunia.

Jika dilihat dari alutsistanya negara ini juga tidak mempunyai banyak persenjataan.  Kekuatan tentara darat negara ini hanya memiliki 65 kendaraan taktis dan tidak ada tank ataupun mobil pengangkut rudal. Sedangkan alutsista udaranya negara ini hanya mempunyai beberapa pesawat dan helikopter. Itupun tidak ada yang bisa digunakan untuk berperang!

Ketiga, Laos

Laos merupakan sebuah negara yang terkurung oleh daratan dan negara ini terletak di wilayah Asia Tenggara yang berbatasan dengan Myanmar dan Republik Tiongkok. Kemudian Vietnam, Kamboja dan Thailand di sebelah barat.

Dari abad ke-14 hingga abad ke-18 negara ini disebut lancang atau Negeri Seribu Gajah. Selain itu tentara lautnya juga tercatat hanya memiliki 30.000 pasukan tempur serta 100.000 cadangan lainnya.

Untuk alutsista daerahnya sendiri negara ini hanya mempunyai 55 tank dan 185 kendaraan lapis baja. Jika membahas mengenai alutsista udaranya negara ini hanya memiliki 17 pesawat pengangkut dan 14 helikopter dengan fungsi yang sama.

Pertahanan laut mereka hanya dikawal dengan 52 kapal laut dan menurut beberapa laporan negara ini termasuk salah satu dari beberapa negara dengan kekuatan militer paling lemah yang ada di dunia.

Keempat, Somalia

Somalia adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Afrika dan merupakan negara paling sering terjadi konflik di dunia.

Berbicara mengenai kekuatan militernya negara ini cukup mumpuni. Atau lumayanlah. Namun kekuatan militer negara ini tidak bisa dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya di dunia.

Diketahui bahwa negara ini hanya memiliki sekitar 12.000 tentara aktif dan 24.000 tentara cadangan yang siap tempur. Jika dilihat dari alutsistanya negara ini hanya memiliki beberapa perlengkapan yang cukup lumayan. Seperti tank sebanyak 140 buah dan juga 430 kendaraan perang. Sayangnya alutsista udara dan laut negara ini begitu sangat lemah karena ketinggalan jaman.

Kelima, Republik Afrika Tengah

Republik Afrika Tengah adalah sebuah negara di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Sudan, Republik Demokratik Kongo, dan Kamerun. Dahulu negara ini merupakan koloni Perancis dan mencapai kemerdekaannya di tahun 1962.

Beberapa tahun yang lalu Republik Afrika Tengah mendapatkan peringkat yang lumayan di dunia dalam segi militer. Namun beberapa tahun terakhir militer mereka menurun dan menempati posisi bawah di dunia.

Kekuatan militer negara ini juga sangat amat lemah sekali. Republik Afrika Tengah ini hanya memiliki sekitar 4.500 personel dengan jumlah Alutsista yang sangat sedikit, yaitu hanya memiliki 4 tank dua helikopter dan hampir tidak ada alutsista laut lainnya.

Keenam, Namibia

Namibia sebuah negara yang ada di Afrika bagian barat daya, tepatnya di pesisir Atlantik. Negeri ini berbatasan dengan Angola dan Zambia di sebelah utara, Botswana di timur dan Afrika Selatan di bagian selatan. Namibia sendiri merdeka dari Afrika Selatan di tahun 1990 sehingga menjadi salah satu negara termuda di dunia.

Selain itu Namibia juga merupakan negara yang sangat lemah dalam militer dengan peringkat 124 di dunia, dilihat dari total personel negara ini hanya memiliki 9.500 tentara dan jumlah ini bisa dibilang salah satu yang paling sedikit di dunia.

Untuk alutsistanya sendiri negara ini memiliki beberapa gelintir alat militer dan tercatat bahwa negara ini hanya mempunyai 10 tank dan 113 kendaraan taktis. Untuk alutsista udaranya negara ini hanya memiliki 6 pesawat tempur, 9 helikopter dan dua helikopter tempur.

Nah, itu tadi 6 negara dengan kekuatan militer paling lemah di dunia. Jangan bandingkan dengan kekuatan militer Indonesia ya gaes! Kekuatan militer Indonesia termasuk yang sangat ditakuti di kawasan Asia Tenggara.

Jadi, kira-kira nih ya gaes. Kalau Indonesia berperang dengan keenam negara tersebut di atas, kira-kira menang gak ya? Bagaimana menurut kalian. Komentar di bawah ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya dan salam sehat selalu.

Komentar