5 Info Sehat Ini Fakta Atau Hoax

Komentar · 66 Lihat

Bijaklah dalam menelan informasi. Jika tak bijak, maka kalianlah yang akan menjadi korban informasi-informasi yang tak jelas palsu atau asli. Simak, yuk!

Setiap orang pasti ingin hidup sehat. Bener gak gaes? Termasuk aku dan kamu. Apa pun upaya pasti kita lakukan jika hal itu terkait dengan kesehatan.

Apa lagi di zaman serba canggih dan mudahnya koneksi internet di ponsel, membuat informasi ini mudah sekali didapatkan.

Tapi jangan senang dulu ya gaes. Banyak informasi terkait dengan kesehatan di internet itu yang tidak pada tempatnya atau lebih dikenal dengan informasi hoax atau informasi palsu.

Apa saja informasi palsu di internet yang terkait kesehatan? Simak yuk penelusuranku ini. Aku temukan 5 informasi kesehatan yang termasuk kategori hoax atau informasi palsu. Apa saja itu?

Pertama, hati-hati makan mie instan dicampur coklat. Kenapa?

Mungkin kalian pernah mendengan atau mengetahui informasi ini ya? Bahwa kalau kita memasak mie instant dan dimakan berbarengan dengan coklat, maka kita akan keracunan. Masa sih?

Itu informasi yang sering kita dengar atau ketahui di internet ya gaes. Bahkan yang lebih mengerikan adalah kelima panca indera kita bisa berdarah-darah atau mengeluarkan darah segar gaes. Ngeri gak tuh? Tapi jangan langsung percaya begitu saja. Simak dulu analisaku.

Kabar  yang beredar yang mengatakan mie instant mengandung Arsenic Pentoxide dan reaksi kimia dari coklat tersebut dapat merubah kandungan kimianya menjadi Arsenic Trioxide.

Lho? Kok bisa? Padahal gaes, mie instant yang berdear di pasaran Indonesia ini tak satu pun yang mengandung racun Arsenic. Lha terus info itu muncul dari mana dan untuk apa? Untuk persaingan bisnis kali ya? Entahlah!

Kedua, ini tak kalah ngeri gaes bahwa kalau kalian setelah makan lalu minum air es atau air dingin, kalian akan terkena penyakit kanker.

Kata info yang beredar, jika kita habis makan lalu minum air dingin atau air es, maka minyak atau lemak yang terkandung dimakanan kita bisa menjadi padat karena pembekuan dari air dingin. Nah lho!

Tapi fakta yang ada, panas alami di dalam perut atau usus kita sesungguhnya memberlakukan suhu yang sama pada makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Jadi, bagaimana bisa air es yang kita minum bisa membuat minyak atau lemak makanan menjadi padat? Yang jelas, dinginnya air es tak bisa lebih rendah suhunya dibandingkan suhu perut kita.

Ketiga, makan 1 ekor lele itu mengandung 3000 sel kanker. Ngeri ya gaes!

Aduh! Lagi-lagi informasi ini perlu kalian cermati. Apa sudah ada penelitiannya? Sebab faktanya makan ikan lele itu malah rendah kolesterol gaes! Coba kalian cek lagi informasi ini untuk memperoleh faktanya.

Keempat, hati-hati dengan bumbu mie instant, jika dimasak bakal memicu kanker.

Informasi ini juga menyesatkan. Kabar yang beredar, jika kita memasak mie instant beserta bumbunya, hal ini bakal memicu MSG atau Monosodium Glutamat berpeluang berubah menjadi Karsinogen. Apa itu? Ya itu tadi, penyebab timbulnya kanker di tubuh kita.

Informasi ini kok sejak awal meragukan ya? Karsinogen itu baru muncul jika mie instent dan bumbunya kita masuk dalam air mendidih setinggi 120 derajat Celcius. Lho? Emangnya kita mau memasah mie instans hingga suhu sedemikian tinggi? Ya hancurlah mie instantnya!

Faktanya nih gaes, dimasak atau tidak dimasak, bumbu mie instant itu tetap kandungannya. Apalagi mie instannya. Duh, informasi ini kok ya hoax banget!

Kelima, mengkonsumsi sayap dan leher ayam menyebabkan kita kena kanker gaes!

Kenapa bisa begitu? Menurut kabarnya sih, karena di bagian sayap atau leher ayamlah sering dilakukan penyuntikan kepada ayam. Untuk apa? Ya untuk mencegah supaya ayam gak kena penyakit!

Informasi ini belum sepenuhnya benar. Belum terbukti ilmiahnya karena memang belum diteliti. Jadi bijaklah dalam mengambil informasi yang beredar di internet gaes!

Sikap bijak kita dalam menelan informasi yang beredar di internet sangat penting. Sebab informasi palsu atau hoax itu sangat tidak membuat kita nyaman. Apalagi jika terkait infomasi mengenai kesehatan, bukan?

Simak terus artikel berikutnya dan sampai jumpa.

 

Komentar