3 Masakan Daging Sapi Berkuah Idul Adha Nomor 3 Paling Gak Bisa Nolak

Komentar · 71 Lihat

Ada 3 masakan olahan daging sapi di hari raya Idul Adha yang istimewa tahun ini. Nomor tiga itu yang paling kusuka. Gak bisa nolak gaes!

Memasak daging kambing menjadi sate adalah menu masakan paling mantap dan menggugah selera di masa hari raya Idul Adha tahun ini. Biasanya ada banyak variasi olahan daging kambing di hari raya Idul Adha setiap tahun.

Namun tentu tidak itu saja gaes menu yang disuguhkan. Daging kambing yang dibakar menjadi sate atau gulai kambing yang berkuah tentu menu favorit banyak keluarga di Indonesia.

Lalu bagaimana yang tidak suka daging kambing? Jangan khawatir gaes, aku pun masih mau menshare menu masakan daging. Tapi tentu saja kali ini daging sapi ya gaes untuk mengakomodasi kalian yang tak suka daging kambing tentunya.

Daging olahan sapi tentu banyak ragamnya jika ingin dijadikan menu masakan daging sapi berkuah. Tentu saja masakan daging sapi olahan seperti di hari raya Idul Adha ini memang dimasak untuk seluruh keluarga. Namun tentu saja juga baik jika disajikan untuk tetangga kiiri kanan dan mereka yang membutuhkan.

Lalu, tak usah berkepanjangan ya gaes, menu apa nih yang bisa disajikan untuk memasak daging sapi yang diolah menjadi masakan berkuah? Ada banyak koleksi resep masakan warisan ibuku khusus masakan untuk hari raya Idul Adha untuk kalian praktekkan.

Tentu, kalian harus simak uraianku di bawah ini ya:

Pertama, kalian pasti suka Tongseng sapi gak pakai santan ya gaes. Simak yuk gaes.

Masak Tongseng sapi ini sangat mudah gaes. Tak perlulah kalian menjadi ahli masak terlebih dahulu untuk memasak Tongseng sapi.

Yang terpenting kalian harus sangat jeli memilih daging sapi yang berkualitas bagus. Teliti dan higienis cara memasaknya. Serta menjaga keseimbangan rasa kuahnya dengan bumbu yang kalian pakai agar tetap nikmat. Dan jangan lupa, tambahkan kecap manis sesuai selera keluarga kalian.

Tentu membanyangkan Tongseng sapi dengan kuah yang banyak mengandung bumbu sangat menggugah selera. Belum lagi dengan ditambahkan aneka sayuran di dalam kuahnya. Makin menjadi-jadi saja nikmatnya gaes!

Sudah, gak usah mikir terlalu lama. Segera cara resep Tongseng terbaik dan ternikmat yang kalian punya!

Kedua, siapa sih yang gak suka Sop Iga Sapi?

Masakan ini hampir mirip dengan Sop Buntut gaes jika dilihat dari penampilan maupun komposisi masakannya. Tapi tentu ada bedanya.

Iga sapi tentu merupakan bagian dari masakan olahan sapi dengan harga yang mahal. Namun tentu iga sapi memiliki rasa yang lezat dan juicy gaes. Sebandinglah dengan harganya.

Sebagian dari kalian tentu ada yang lebih suka iga sapi ini dibakar menjadi steak ya gaes. Enak juga sih membakar iga sapi ini. Tapi kita kan kali ini membahas masakan iga sapi berkuah. Jadi ya sabar dulu ya bagi kalian yang suka iga sapi bakar.

Masakan sop iga sapi memiliki nilai masakan yang penuh nostalgia gaes. Setidaknya itu sih bagiku. Sebab doyan banget dengan sop iga sapi ini. Terutama jika disajikan pada saat hari raya Idul Adha ya gaes. Jadi inget sama masakan ibu.

Iga sapi ini harus direbus sampai matang gaes. Lalu campurkan kaldu daging sapi yang kalian suka. Sesuai seleralah ya. Eits, jangan lupa juga potongan-potongan sayurannya agar kuas sop iga sapi ini makin nampak menyegarkan.

Untuk makanan pendamping pun bisa disesuaikan menurut selera kalian ya gaes. Misal saja kalian siapkan kerupuk ikan atau kerupuk udang. Widiiihhhh, makin menambah selera makan nih!

Ketiga, ini nih yang paling istimewa menurutku, yaitu Buntut Sapi Kecap Pedas yang menantang selera kalian yang suka pedas.

Masak Buntut Sapi Kecap Pedas ini mirip dengan sop buntut. Tapi ini jauh lebih lezat gaes. Coba deh. Kalian bisa menambahkan 2 jenis jamur agar penampilan dan rasa Buntut Sapi Kecap Pedas ini makin memanjakan lidah kalian.

Nah, langkah pertama kalian bisa olah terlebih dahulu jamur Shitake kering dengan merendamnya agak lama ya. Lalu rebus buntut sapinya serta siapkan masakan bumbu dan berbagai jenis keperluan lainnya.

Tumis bawang kalian bersama jahe dan cabai kering. Hentikan tumisan jika baunya sudah harus gaes. Kemudian kalian bisa langsung tambahkan saus tiram dengan jamur yang sudah kalian siapkan tadi.

Aduk sampai rata dan mendidih ya! Jangan lupa, bumbui juga dengan garam, merica dan tambahkan kecap manis sesuai selera keluarga kalian. Dan terakhir, masukkan buntut sapi yang sudah kalian rebus sebelumnya.

Setelah matang, sajikan untuk keluarga kalian dengan disertakan makanan pelengkapnya seperti krupuk ikan atau krupuk udang. Mantap dah!

Siap-siap kalian mencobanya ya gaes. Hidangan istimewa di hari istimewa. Sampai jumpa dikoleksi masakan ibuku selanjutnya ya.

Komentar