Teknologi Canggih Saat Ini sebagai Awal Peradaban Baru Manusia Modern

Komentar · 438 Lihat

Tersingkirnya peran manusia dalam bekerja, karena teknologi canggih saat ini menjadikan kehadiran teknologi tersebut ibarat dua sisi pisau yang bisa bermanfaat, namun juga bisa melukai.

Memasuki era 4.0 banyak tenaga manusia yang digantikan oleh robot, hal tersebut merupakan teknologi canggih saat ini. Lahirnya robot-robot tersebut menandakan sebuah bukti bahwa ilmu pengetahuan manusia semakin berkembang.

Teknologi canggih saat ini turut serta menjadi saksi peradaban baru manusia modern. Banyak hal-hal baru yang membuat manusia semakin mudah menyelesaikan pekerjaan, namun di sisi lain dapat menyingkirkan peranan manusia dalam bekerja.

 

Teknologi dalam Bidang Senjata

Teknologi canggih saat ini adalah teknologi dalam bidang senjata. Contohnya adalah pembuatan senjata dengan tenaga nano yang bisa mereplikasi diri. Senjata tersebut, akan mudah untuk menghancurkan sasaran, termasuk diantaranya menghancurkan sebuah negara.

Teknologi senjata ini merupakan teknologi canggih aat inis yang dapat membuat hal yang bertolak belakang dengan keadaan. Alih-alih sebagai senjata perdamaian, namun dapat dengan mudah untuk menghancurkan manusia dan pembangunannya dalam sekejap.

Teknologi Mesin Kecerdasan Buatan

Teknologi canggih saat ini akan menghadirkan sebuah robot dengan teknologi kecerdasan buatan. Dengan demikian, peranannya akan menggantikan peran kecerdasan manusia dalam bekerja. Hal tersebut tentunya akan menggeser posisi manusia dalam bidang pekerjaan.

Tidak hanya itu, robot dengan teknologi canggih saat ini akan diciptakan berdasarkan telepati. Semua robot akan digerakan dengan telepati. Walaupun teknologi tersebut, bukti kemajuan manusia, namun teknologi telepati yang terekam di otak akan sangat rentan mendatangkan aksi kejahatan.

Mesin Cetak Virtual

Seringkali kita melihat printer komputer sebagai mesin pencetak. Teknologi canggih saat ini akan menciptakan mesin cetak virtual.  Bahkan bisa untuk menirukan mesin absen untuk sekolah atau kuliah. Mesin tersebut akan melakukan scanning pada wajah sehingga tidak mudah ditirukan.

Selintas, adanya mesin cetak tersebut merupakan teknologi canggih saat ini yang dapat mempengaruhi peradaban manusia. Namun, hal tersebut ibarat dua sisi pisau yang dapat menimbulkan manfaat juga masalah kepada penggunanya. Oleh sebab itu, harus pandai untuk memanfaatkannya.

 

Tersingkirnya peran manusia dalam bekerja, karena teknologi canggih saat ini menjadikan kehadiran teknologi tersebut ibarat dua sisi pisau yang bisa bermanfaat, namun juga bisa melukai. Dalam arti kata, teknologi tersebut bisa membawa manfaat kepada manusia, tetapi juga bisa membawa dampak yang negatif, seperti lahirnya pengangguran yang baru.

Komentar