ROTI SOBEK COKLAT KEJU SUPER LEMBUT

Komentar · 742 Tampilan

Hari Ini Aku Mau Share Resep Roti Sobek Yg Super Lembut,Resep Ini adalah Resep Andalan Aku Klo Buat Roti...Teksturnya Bener2 Lembut banget...gak Kalah sama roti yg dijual di toko2 loh

BAHAN :


1 Butir Telur + Susu Cair Ditambah Berat Total Jadi 170 Gram
200 Gram Tepung Terigu Protein Tinggi (Cakra Kembar)
60 Gram Tepung Terigu Protein Sedang (Segitiga Biru)
60 Gram Gula Pasir
1 Sdt Ragi Instan (Fermipan)
1/2 Sdt Garam
35 Gram Mentega
Coklat Batang Diparut Secukupnya
Keju Cheddar Parut Secukupnya Untuk Isian Dan Taburan
Susu Cair Untuk Olesan

 

                                        

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Hari ini aku akan share kepada kalian resep-resep makanan yang aku buat kali ini aku akan membuat roti sobek coklat keju in super lembut.

resep roti yang satu ini bener-bener enak banget buat teman-teman dan teksturnya lembut banget kalian pasti penasaran kan dengan cara buatnya, yang pertama-tama kita timbang satu butir telur dengan susu cair hingga total keduanya mencapai 170 gram ya teman-teman.

kemudian kita kocok lepas dan kita sisihkan di dalam wadah, kita campur 200 gram tepung terigu protein tinggi dengan 60 gram tepung terigu protein sedang, 60 gram gula pasir, 1 sendok teh ragi instan, juga campurkan susu dan telur yang sudah kita buat tadi. kemudian kita Aduk menggunakan mixer dengan kecepatan paling rendah hingga semua bahannya tercampur.

setelah menggumpal kita bisa Matikan mixer lalu kita Masukkan setengah sendok teh garam dan juga 35 gram mentega kita aduk kembali selama 15 menit hingga adonan ini berubah menjadi kalis dan elastis, kita bisa menggunakan kecepatan paling tinggi Kalian juga bisa menguleni secara manual ya tapi memang membutuhkan waktu yang agak lama.

setelah 15 menit kita bisa mencek adonan kita Apakah sudah elastis atau belum, ya ciri-ciri adonan yang sudah elastis ketika kita lebarkan dia tidak akan robek kita diamkan dulu adonan ini selama 10 menit agar adonan menjadi rileks.

setelah adonan ini rileks dan dingin kita bisa membagi adonan ini menjadi beberapa bagian di sini aku akan membaginya menjadi 6 bagian, setelah adonan ini kita bagi menjadi 6 bagian kemudian kita pipihkan adonan ini, dan akan kita isi per adonan dengan masing-masing isinya di sini aku akan mengisi tiga bagian dengan rasa keju dan tiga bagian lainnya dengan rasa coklat.

kita Tata adonan yang sudah kita berisi ini kedalam loyang, di sini aku menggunakan loyang biasanya aku gunakan untuk membuat brownies, kalian bisa menggunakan loyang apapun yang ada di rumah kalian.

kita buat untuk yang isian coklatnya jadi nanti untuk di dalam loyangnya kita akan selang-seling antara keju dan coklat, di sini aku menggunakan coklat batang yang sudah aku parut seperti ini jika kalian mau menggunakan juga bisa, setelah roti ini kita Tata semua Diamkan selama 90 menit Jangan lupa kita tutup dengan kain yang bersih ya setelah 90 menit adonan akan mengembang dua kali lipat.

kemudian kita akan beri olesan diatasnya dengan menggunakan susu cair jangan lupa untuk ovennya kita Panaskan terlebih dahulu ya. terakhir disini aku akan menambahkan parutan keju diatasnya, kita panggang roti ini dengan suhu 200° celcius dengan menggunakan api bawah saja selama 15 menit.

kemudian setelah 15 menit kita pindahkan menjadi api atas bawah dan kita panggang kembali sekitar 5-10 menit hingga atasnya berwarna kecoklatan, setelah bagian atas roti berwarna kecoklatan seperti ini bisa langsung kita angkat Ya selagi masih panas kita olesi bagian atasnya dengan mentega secukupnya, kemudian bisa langsung keluarkan dari loyang nya dan roti sobek coklat keju super lembut pun siap untuk dinikmati.

sampai disini dulu untuk hari ini semoga bisa bermanfaat ya untuk teman-teman semua Selamat mencoba di rumah dan Assalamualaikum Happy cooking

Komentar