MARKETING INSIGHT

Komentar · 71 Lihat

Istilah Marketing Insight baru saja dipopulerkan.
Sesuatu yang insightful berarti berisikan tentang informasi yang mendalam pada suatu objek permasalahan yang kompleks, dan ditemukannya tidak setiap saat. Lebih jauh dikatakan, insight merupakan sebuah flash, artinya suatu pengetahuan y

Esai

#62

Esai Tanggal 13 09 2021 (Group Jawara Digimark)
Istilah Marketing Insight baru saja dipopulerkan.
Sesuatu yang insightful berarti berisikan tentang informasi yang mendalam pada suatu objek permasalahan yang kompleks, dan ditemukannya tidak setiap saat. Lebih jauh dikatakan, insight merupakan sebuah flash, artinya suatu pengetahuan yang brilian dan muncul secara tiba-tiba.

Consumer Insight merupakan sebuah proses mencari tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.

Consumer Insight digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembang produk dan/atau layanan, tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil karya dimaksud agar lebih mendekati kebutuhan konsumen.

Dalam hal ini, Consumer Insight hanya digunakan untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan atas produk dan/atau layanan yang telah dikembangkan.

Selain itu, Consumer Insight juga digunakan untuk mendapatkan data statistik existing konsumen dalam rangka mengenali segmen konsumen pengguna produk dan/atau layanan yang telah dipasarkan.


Konsep Consumer Insight untuk Meningkatkan Penjualan Suatu Produk/LayananConsumer Insight diartikan sebagai sebuah link emosi antara produk dengan konsumen. Tidak cukup dengan menyusun segmentasi, target dan positioning, sebuah brand tentu saja membutuhkan pembangunan karakter atau image melalui desain merk dan kemasan.

Untuk membuat desain sebuah merk dan kemasan tentu saja seorang Desainer Merk (Brand Builder Designer) harus mampu menyelami emosi terdalam konsumen ( tapped into consumer emotion) yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan Consumer Insight.

Brand Image suatu produk seringkali dicerminkan dengan begitu baik oleh bentuk kemasanya. Ada link emosi yang kuat antara bentuk kemasan dan brand image di benak konsumen.

Kejutkan customer Anda dengan sajian yang tidak terduga maka Anda bisa membangun loyalitas terhadap brand dengan lebih baik. Selain itu, kemungkinannya Anda bisa lebih banyak menerima ucapan terima kasih dalam bentuk testimonial yang mana ini jadi jejak pencapaian Anda yang organik. Orang-orang yang berpotensi menjadi customer Anda akan melihatnya dan mempertimbangkan untuk menggunakan jasa/membeli produk Anda karena mereka lebih mempercayai ulasan orisinil pengguna Anda dibanding iklan dengan biaya pembuatan yang luar biasa banyak di televisi. Benarkah? Ya, karena era digital telah berlangsung cukup lama, para pembeli menggantungkan penilaiannya terhadap nilai Anda di dunia online.

 

Komentar