SEO DALAM ARTIKEL YANG MEMBUAT TULISAN TERINDEX SERP

Komentar · 795 Lihat

Pengertian dan Manfaat SEO dalam pencarian kata kunci di Search Engine, sebagai salah satu syarat penilaian artikel di W-ALL Copywriting Festival 2021

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) adalah membantu sebuah Tulisan di satu tema Artikel yang akan ditulis, dimana pilihan kata yang SEO Friendly akan dibidik oleh Search Engine untuk dijadikan index dalam pages mereka. Hal ini diperlukan, karena dari ratusan juta artikel yang sudah ada di internet. Agar bisa dibaca banyak orang, diharapkan selalu di halaman satu Search Engine. Dalam hal ini yang sampai saat ini populer adalah Search Engine Google.

Para penulis berlomba-lomba untuk membuat tulisannya SEO Friendly. Cepat terindex di halaman satu. Kalau kita perhatikan Halaman Search Engine, hasil judul tulisan yang muncul bisa berubah-rubah hasilnya. Tapi kita juga bisa melihat, ada satu-dua artikel bisa tetap bertengger di halaman satu google, itulah hasil SEO. Dan yang bisa membuat tulisan di halaman satu terus-menerus, adalah berupa kata kunci (keyword) tertentu yang terbidik oleh algoritma Google.

Hanya perlu hati-hati, kata kunci juga harus tepat dan ditempatkan dalam kalimat yang tepat, sehingga tidak terbaca oleh Google sebagai spam. Alih-alih mau masuk ke halaman satu google, malah masuk ke sandbox (tenggelam entah dihalaman berapa google, bahkan mungkin sudah tidak eksis terindex).

Jadi bagaimana untuk tulisan kita, pelan tapi pasti masuk ke halaman satu Google ?

Saya akan uraikan dulu, istilah-istilah yang berhubungan dengan aplikasi tulisan yang SEO Friendly :

  1. Keywords : Keywords atau kata kunci, adalah satu atau dua kata yang biasanya adalah tema sebuah artikel, dan masuk dalam judul artikel, dimana merupakan faktor utama untuk seseorang mencari info di internet atau search engines. Jadi keywords ini juga jadi inti dari sebuah artikel yang SEO Friendly. Ketika seseorang mengetik kata ini untuk pencarian info. Maka Search Engine akan mencari dibelantara artikel yang ada kata yang sudah diketikkan seseorang yang sedang mencari info tersebut. Semakin cepat terbaca keyword tersebut, maka search engine akan menampilkan artikel itu dihalaman pencarian. Dan akan merank artikel tersebut naik terus sampai ke halaman satu. 
  2. Backlink : Sebuah link yang biasanya menyertai dalam satu kata atau kalimat dalam satu artikel atau judul artikel terkait yang bisa mengarahkan ke suatu websites lain. Keterkaitan tema itu bisa diberikan tautan tersebut. Contoh, arahkan kursor anda ke kata Backlink di awal paragraf ini. Jika diklik akan menuju kesebuah halaman situs lain yang temanya mengenai backlink juga.
  3. SERP : Search Engine Result Pages adalah erat kaitannya dengah SEO, jika SEO sudah sesuai keyword yang dibidik, maka akan bisa dilihat SERP di halaman berapa di search Engine.

Ketiga Istilah diatas saling berkaitan dalam tujuannya, agar sebuah artikel bisa masuk terindex sampai halaman satu search engine.

Google saat ini sebagai search engine terpopuler untuk peselancar internet, dalam mempercepat pencarian info yang mereka butuhkan, masih menyenangi SEO ala kata kunci yang ditempatkan di awal paragraf dan akhir paragraf sebuah artikel.

Misal kata kunci yang kita targetkan adalah SEO, jadi sewaktu seseorang butuh info pengetahuan apa yang dimaksud SEO, mereka akan mengetik di Google kata SEO, dan google akan mencarikan artikel yang mempunyai kata SEO di awal paragraf tulisan artikel. Jika banyak juga artikel yang menempatkan kata SEO dalam paragraf pertamanya, maka google akan mencari kata SEO berikutnya di paragraf terakhir, kalau masih banyak juga. Google akan akumulasi disepanjang artikel kata kunci tersebut.

Kalau masih banyak juga, sehingga pagination Google untuk menempatkan di halaman pertama masih belum muat. Maka peran backlink di sini menjadi penting. Semakin banyak backlink yang mengarah kesatu artikel tentang SEO ini. Maka artikel ini akan mengalahkan artikel lain ke halaman satu.

Sudah lebih paham sekarang ya, arti SEO dan manfaatnya. Paling manfaat itu adalah jika artikel tersebut untuk memasarkan bisnis anda. Agar cepat terlihat peselancar internet untuk mencari info yang dibutuhkannya. Halaman satu is the king, SEO adalah infrastrukturnya.

Sumber Gambar : Google Pages

SEO

Komentar
leonmig immig 1 y

Thanks Infonya

 
 
Siti Nurhasanah 1 y

Buka bimbingan Menulis Artikel yg SEO Friendly pak, pasti seru