Tour Aceh dan Travelling ke Pulau We Menuju Ke Kota Sabang

Komentar · 137 Lihat

Keliling Tour Banda Aceh sampai Sabang, propinsi ujung barat Indonesia sambil menikmati Coffee dan Mie Aceh

Sebagai sebuah Propinsi di ujung barat Indonesia, tour ke Aceh dan travel sampai ke pulau ujung batas NKRI yaitu Pulau Weh dimana ada satu kota kecil bernama Sabang yang dijadikan lagu Nasional Nusantara Sabang Sampai Merauke. Selain terkenal dengan coffee, Aceh juga dikenal dengan Mie yang khas karena masih banyak hand made cara buatnya, sehingga ukuran mie-nya pun berbeda dari mie pabrikan. Itulah Mie Aceh, walau disana tidak disebut Mie Aceh, tapi Mie ini sudah beredar di kota-kota Indonesia.

Selain Mie Aceh dan Kopi, ada juga di Kota Banda Aceh yang namanya Sate Matang, Sate Matang ini bukan karena matang dimasak. Tapi Matang sendiri adalah nama daerah di propinsi aceh yang menjadi asal Sate ala Aceh ini. Seperti kalau di jawa, ada sate madura atau warung tegal. Khas Sate Matang ini, adalah satenya dihidangkan dengan semacam kuah sedikit warta coklat tapi masih kategori bening. Jadi nasi sate ini makannya dengan kuah tersebut.

Banda Aceh yang merupakan Ibukota Propinsi Nangroe Aceh Darussalam, dulunya bernama Kutaraja (Ibukota Kerajaan), jadi memang dari dulu Banda Aceh ini sudah menjadi pusat kota. Letaknya yang diantara gunung dan pantai, sangat strategis untuk jaman dulu, jika ada serangan dari musuh kerajaan. Di Timur ada Gunung Leuser dan di baratnya berupa Samudera Atlantik, diantaranya memang ada selat yang menghubungkan dari Pulau Sumatera ke Pulau We.

Soal Coffee sendiri ini, di Banda Aceh banyak sekali disudut-sudut kotanya, ada kedai kopi. Dikarenakan masyarakat Aceh gemar berkumpul dan bergaul lewat nongkrong sambil ngopi. Kopi dipasok dari perkebunan yang juga sudah mendunia dalam pasokan kopinya, karena cita rasa yang khas, yaitu Kopi Gayo. Dimana Gayo ini adalah sebuah daerah pegunungan di propinsi Aceh. Bisa juga menjadi tempat wisata tour yang indah juga. Dan bisa melihat perkebunan kopi yang berderet disana.

Ada satu racikan kopi di Aceh yang dinamakan Kopi Sanger. Kopi ini sangat digemari dan jadi favorit penikmat kopi aceh. Selain kopi murni yang disajikan secara tubruk atau americano. Karena Kopi Sanger adalah Kopi Manis dengan racikan kopi hitam,susu dan gula. Dan yang sering bisa jadi tontonan untuk Kopi Sanger ini adalah cara meraciknya yang diaduk dengan cara dua gelas racikan kopi dituangkan secara bergantian. Dan ditarik dengan saringan seperti membuat Teh Tarik, buat yang berwisata, ini adalah atraksi yang menarik. Kedai-kedai yang terkenal untuk di Banda Aceh adalah didaerah yang bernama Ulee Kareng.

Tempat untuk travelling di Banda Aceh sendiri cukup banyak kalau mau ditelusuri. Yang Ikonik dan menjadi Land Mark yaitu Masjid Raya Banda Aceh. Masjid ini ikonik, dilihat dari sisi bentuknya, pertama dibangunnya yang sudah tua dari jaman kerajaan, juga cerita yang sudah mashur, dimana pada saat Tsunami, Masjid ini tidak tersentuh air laut gelombang Tsunami. Padahal bangunan-bangunan di sekitar Masjid, hancur lebuh, dan saat itu orang-orang yang ada di Masjid pun selamat dari amukan Tsunami.

Tempat yang lain yang perlu dikunjungi, Museum Tsunami yang merupakan memori masyarakat Aceh, untuk bisa jadi pelajaran anak-cucu mereka. Juga bisa jadi info ilmu pengetahuan tentang Tsunami. Dan siapa yang menjadi arsitek dari Bangunan Museum Aceh ini? Nama ini pasti sudah langsung tahu, yaitu Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat saat ini. Sebelum jadi pejabat politik, beliau adalah seorang Arsitek yang sudah terkenal dengan imaginasi bangunan yang megah. Silahkan kalau nanti mengunjungi Museum Tsunami ini, akan merasakannya.

Masih banyak lagi tempat kalau di Banda Aceh sendiri, seperti Gunongan, bangunan semacam Taj Mahal di India, Museum Aceh, Kapal diatas Rumah, Lonceng Cakra Donya dan lain-lain, yang merupakan peninggal sejarah kerajaan dan jaman Belanda saat sudah menang perang lawan Kerajaan Aceh. Dimana Bangsawan yang dikalahkan itu adalah Teuku Umar dan Tjut Nyak Dien.

Geser ke Pulau We, dengan naik kapal cepat yang ada tiap harinya. Kita bisa mengunjungi Kota Sabang, Tugu Nol Kilometer dan Pantai Iboih, pantai ini juga terumbu karangnya sangat Indah seperti Raja Ampat. Atau Bunaken. Dan enaknya adalah menikmati ikan segar di Pulau We ini, yang benar segar sampai hanya dipakai garam saja, sudah sangat enak.

Jadi Kapan mau tour travel ke Aceh, untuk menikmati Coffee, Mie Aceh dan martabak aceh yang juga khas, kue timpan, sie reboh, rujak aceh, sate matang, nasi gurih, gulai kambing, Roti Canai, Ayam tangkap. lohh....lohhh makanan semua ini.....Ngilerr plus laper..

Masjid Banda Aceh Raya

 

Komentar