Sate Kambing Bumbu Kacang dan Saus Kurma Jadi Sajian Mantap Idul Adha Dimasa Pandemi

Komentar · 286 Lihat

Masak apa ya enaknya di hari raya Idul Adha tahun ini? Kalau kalian tak ada ide, aku akan berbagai cara masak sate kambing bumbu kacang dan saus kurma gaes! Pasti mantap dan seru untuk sekeluarga!

Tahun ini merayakan Hari Raya Idul Adha atau hari raya qurban tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelum ini. Maklumlah, tingkat penularan Corona masih tinggi atau bahkan menggila sejak 2 pekan setelah lebaran Idul Fitri.

Mungkin ini disebabkan adanya para pemudik yang membandel ya gaes. Pemerintah sudah melarang mudik, eh malah mereka menerobos penyekatan yang ada untuk nekat mudik.

Inilah akibat yang kita terima. Saat ini Corona varian Delta malah sudah merebak dan menghantui anak-anak juga selain orang dewasa. Kita semua merasakan dampak mobilitas sekian juta manusia pada saat mudik lebaran yang lalu.

Semoga saja hari raya Idul Adha tahun ini tidak ada mobilitas manusia hingga jutaan lagi ya gaes. Repot kita dibuatnya. Rumah sakit pada penuh.

Nah, kita beralih dulu ke persiapan hari raya Idul Adha tahun ini. Meski kita masih prihatin dengan kondisi pandemi sekarang ini, persiapan hari raya Idul Qurban bagi yang mau berkurban hewan potong, tentu tetap harus terus berlangsung ya gaes. Kambing, domba atau sapi, semuanya butuh persiapan.

Nah bagi kalian juga bisa turut merayakan hari raya Idul Adha tahun ini dengan memasak daging kambing yang diolah menjadi sate ya gaes. Tapi tentunya kali ini bukan sate kambing biasa yang ingin kubagikan ke kalian semua.

Kali aku akan membagikan cara memasak sate kambing bumbu kacang kurma gaes. Mungkin saja diantara kalian ada yang pernah memasak hal yang sama. Tapi bagi kalian yang belum pernah, bisa kalian simak sharingku ini ya.

Dan tentu saja, selain sate kambing, kalian juga bisa segera menyiapkan pasangannya. Yaitu bisa berupa tongseng, kari, gulai kambing, cabe rawit bagi yang suka pedas, atau sambal kecap. Keren kan?

Nah, kali ini pun kita aku akan berbagi cara memasak sate kambing bumbu kacang kurma. Aroma kurma biasanya suka nongol bersama nasi berbumbu, opor atau kari. Selain itu tentu asesorisnya ya gaes, seperti tomat, bawang merah dan cabai rawit.

Nah, memilih daging kambingnya jangan ngasal ya gaes. Pilih bagian-bagian daging kambing yang memang pas untuk diolah menjadi sate. Jadi kalian harus ambil dagingnya yang di bagian paha belakang dan atau punggung gaes! Selain bagian itu kurang mantap rasanya.

Jika sudah dapat daging kambing di bagain paha belakang dan punggung, jangan lupa melumurinya dengan bumbu agar meresap ke daging kambingnya dan sekaligus membuat tekstur daging kambing makin lunak.

Oh iya gaes, jangan lupa beli lontong atau ketupat agar sajian sate kambing bumbu kacang kurma kalian makin komplit dan makin mantap dijadikan hidangan khusus di hari raya Idul Adha tahun ini.

Yuk, kita siapkan dulu bahan-bahannya. Nggak perlu tergesa-gesas ya gaes. Yang terpenting kalian bisa mendapatkan kualitas daging kambing yang prima untuk dijadikan sate.

Ini dia bahan yang harus kalian siapkan segera:

Siapkan kecap manis yang paling sesuai dengan selera keluarga kalian gaes. Kalau di keluargaku, paling suka kecap manis cap Orang Jual Sate! Mantap banget nih kecap. Meski sedikit lebih mahan dibanding kecap manis lainnya.

Lalu siapkan bahan ini:

  • 400 gram daging kambing, diambil dari bagian paha belajkang dan atau punggung. Lalu iris-iris menjadi potongan seperti dadu.
  • 1 sendok takar air jeruk nipis
  • 3 sendok makan kecap manis. Aku biasanya pakai kecap cap Orang Jual Sate gaes!
  • 1 sensok makan minyak goreng atau margarin. Keperluannya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  • Siapkan 4 butir bawang merah serta 2 siung bawang putih
  • Jangan lupa: Saus (boleh merek apa saja)
  • Dan yang terpenting: 10 buah kurma, potong-potong menjadi seperti kotak
  • 1 sendok takar garam
  • 4 sendok makan kecap manis sesuai selera kalian gaes!
  • 300 gram kacang tanah kulit, digoreng dulu sampai matang ya gaes!
  • 450 ml air masak (atau air mineral)
  • ¼ sensok takar lada putih bubuk
  • 1 sensok makan minyak goreng atau boleh juga margarin. Keperluannya untuk menumis

Bahan Pelengkap

  • 5 butir bawang merah diiris-iris dan 15 buah cabai rawit hijau yang sudah dipotong-potong
  • 1 buah tomat yang sudah dipotong-potong

Simak cara membuatnya ya gaes!

Daging kambing yang sudah dipotong-potong berbentuk dadu lumurilah dengan jeruk nipis, kecap manis (cap Orang Jual Sate) dan minyak goreng. Remas-remas dagingnya ya gaes agar bumbunya meresap banget. Lalu kalau sudah dibumbui dengan baik, diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Setelah sekitar 1 jam, masukkan atau tusukkan tusuk satenya ke daging kambing yang tadi. Lalu seperti biasa, bakarlah di atas bara api arang yang merata pansanya.

Sambil menunggu sate matang, siapkan sausnya yang terbuat dari tumisan bumbu halus. Tumis bumbu tersebut hingga menimbulkan aroma harus. Kemudian masukkan kacangnya yan telah dihaluskan serta air masak. Lalu masaklah hingga mendidih.

Jangan lupa, masukkan kecap manisnya, lada putih bubuk, garam dan terpenting adalah kurmanya! Aduk hingga mengental.

Selesai! Sajikan sate kambing yang sudah matang tadi dengan saus tersebut serta bahan pelengkapnya. Dan jangan lupa lontong dan ketupatnya ya gaes agar lebih mantap dan nikmat sajian keluarga kalian di hari raya Idul Adha tahun ini.

Sampai jumpa di resep masakanku yang keren berikutnya ya gaes. Happy Idul Adha ya gaes!

Komentar