Waspada Virus Corona dapat bertahan di Uang Kertas

Komentar · 428 Lihat

Pandemi virus corona yang saat ini semakin bertambahnya korban jiwa, membuat ke khawatiran masyarakat semakin bertambah. Terlebih dengan adanya beberapa suspect terkena corona tidak menunjukkan gejala semestinya. Selain dapat menular melalui kontak antar manusia, virus ini juga dapat berta

Pandemi virus corona yang saat ini semakin bertambahnya korban jiwa, membuat ke khawatiran masyarakat semakin bertambah. Terlebih dengan adanya beberapa suspect terkena corona tidak menunjukkan gejala semestinya. Selain dapat menular melalui kontak antar manusia, virus ini juga dapat bertahan pada benda yang terkontamiasi oleh percikan orang yang terinfesi. Salah satunya yaitu dapat bertahan pada uang kertas yang setiap hari kita gunakan untuk bertansaksi. Nah berapa lama virus ini akan bertahan pada uang kertas?. Yuk simak informasi berikut ini untuk meningkatkan kewaspadaan akan virus corona yang dapat bertahan di uang kertas !

Waspada-Virus-Corona-dapat-bertahan-di-Uang-Kertas

Menyebar dari orang ke orang melalui percikan (droplet) yang keluar dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi saat bersin, batuk ataupun mengeluarkan napas. Kita dapat terjangkit virus ini apabila menghirup percikan tersebut.  Dengan proses penularannya yang sangat mudah, penyebaran virus covid-19 ini yang dapat bertahan di udara serta permukaan menjadi salah satu factor peningkatan kewaspadaan kita. Saat menyentuh benda atau permukaan yang terkontaminasi virus, kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut maka virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Virus Corona bertahan di Kertas

Hal tersebut tentu membuat banyak orang merasa cemas jika benda-benda atau permukaan di sekitarnya telah terkontaminasi dari virus corona.  Karena masih sangat baru, maka belum banyak penelitian yang akurat mengenai berapa lama virus ini bertahan pada benda atau permukaan. Beberapa penelitian mengkatakan virus ini tidak bisa hidup setelah 24 jam atas kertas karton. Waktu yang dibutuhkan agar virus itu mati sekitar 3,5 jam. Namun, para peneliti memiliki banyak variabilitas, sehingga mereka menyarankan agar selalu berhati-hati jika ada yang bersin atau batuk di area kertas.

Waspada-Virus-Corona-dapat-bertahan

Image source : topdoctoruk

Berapa lama Virus Corona bertahan di benda atau permukaan

Berikut beberapa uraian yang lebih lengkap mengenai berapa lama coronavirus tersebut dapat bertahan pada benda atau permukaan:

  • Pada baja, virus corona dapat bertahan selama 48 jam atau 2 hari
  • Pada alumunium, virus corona dapat bertahan selama 2-8 jam
  • Pada logam, virus corona dapat bertahan selama 5 hari
  • Pada kayu, virus corona dapat bertahan selama 4 hari
  • Pada kertas, virus corona dapat bertahan selama 4-5 hari
  • Pada kaca, virus corona dapat bertahan selama 4 hariPada plastik, virus corona dapat bertahan selama 5 hari atau kurang
  • Pada karet silikon, virus corona dapat bertahan selama 5 har
  • Pada lateks, virus corona dapat bertahan selama 8 hari
  • Pada keramik, virus corona dapat bertahan selama 5 hari
  • Pada teflon, virus corona dapat bertahan selama 5 hari. 

    Meski belum dipastikan dalam penelitian ini berapa lama virus penyebab COVID-19 dapat bertahan pada benda atau permukaan, namun karena masih satu keluarga dengan virus corona lainnya maka kemungkinan memiliki kemiripan.  Sementara, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ada beberapa benda yang rawan menjadi tempat penularan virus corona, yaitu pegangan pintu, pegangan tangga, tombol lift, alat makan, gadget, dan tangan orang yang sakit.  Oleh karena itu, untuk menghindari terkena virus ini ada baiknya masyarakat diminta untuk lebih sering mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus itu.

 

Komentar