Marck Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook yang Sukses Bag 5 Mengakuisisi IG, OR dan WA

Komentar · 287 Lihat

Ide untuk mendirikan facebook tersebut, berawal dari pembuatan buku alumni dimana saat itu Mark Zuckerberg seorang alumni Philips Exeter Academy. Awal mulanya, jejaring sosial tersebut diciptakan untuk membuat hubungan antar alumni tersebut tidak terputus

Mengakuisisi Instagram, Oculus Rift, dan WhatsApp

Pendiri facebook ini merupakan seseorang yang cerdas dalam berstrategi, khususnya dalam mengembangkan Facebooknya.  Dia mengakuisisi beberapa jejaring sosial besar, seperti instagram. WhatsApp, Oculus Rift yang bernaung di bawah payung Facebook. Dengan demikian, Facebook semakin bertambah besar. Pasalnya, pengguna akun jejaring sosial tersebut merupakan bagian dari Facebook.

Jejaring sosial Instagram, yang merupakan jejaring sosial populer untuk membagikan foto. Jejaring sosial tersebut diakuisisi oleh Faceboook pada tahun 2012. Tepatnya pada bulan April, pendiri Instagram, Mike Krieger dan Kevin Systrom menyetujui akuisisi tersebut. Zuckerberg pun memberikan $1 juta dalam bentuk tunai dan pembelian saham  untuk persetujuan proses akuisis tersebut.

Facebook pun mengakuisisi Oculus Rift, senilai $2 juta . Dengan $400 milyar dalam bentuk tunai, $23,1 milyar dalam bentuk saham, serta $300 milyar dalam bentuk insentif jika Oculus Rift menuai keuntungan di kemudian hari. Palmer Freeman Lucky, sebagai pendiri oculus Rift, menyetujui akan kerjasama bisnis tersebut.

Pada October 2014, melengkapi pembelian jejaring sosial besar lainnya, yaitu WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan, yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Action pada tahun, 2009. Pendiri Facebook ini membeli seharga $22 juta. Dengan rincian, $4,59 juta dalam bentuk tunai, serta $177.760.669 dalam bentuk saham.

 

Tercatat di Majalah Time 2010 Sebagai ‘Person of The Year

Sang pendiri Facebook ini dicatat di majalah Times, sebagai person of the year pada tahun 2010. Marck Zuckerber mengalahkan Lady Gaga, James Cameron, serta pendiri Wikileaks, Julian Assange.  Hal tersebut berdasarkn pertimbangan, karena Marck telah berhasil menghubungkan 9 juta orang di dunia. Disamping itu, Facebook dianggap sebagai negara ketiga terbesar di dunia, karena banyaknya penggguna.

Majalah ini pun berpendapat, tidak ada orang yang paling berpengaruh selain Marck Zuckerberg, pendiri Facebook  yang sukses di usia muda.  Ya, Zuckerberg  masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia di bawah usia 40 tahun. Bahkan kekayaanya tersebut sejajar dengan Bill Gates dan Jeff Benzos.

Pada tahun yang sama, Marck Zuckerberg, sang pendiri Facebook ini tercatat sebagai orang terkaya berusia muda versi majalah Forbes. Bahkan saking populernya , kisahnya pun diangkat dalam serial layar lebar, dengan judul ‘The Social Networking’.  Film ini diproduseri oleh \David Fincher, dengan pemeran utamanya yaitu Jesse Eisenberg.

Sebelumnya, majalah ini mencatat Bill Clinton dan Barack Obama serbagai person of the year. Hal tersebut membuktikan, daftar orang yang masuk ke majalah ini adalah bukan orang yang sembarangan. Demikian juga dengan Marck Zuckerberg, dunia telah mengakui kecerdasan sang pendiri Facebook ini.

Itulah cerita tentang sang pendiri facebook, Marck Zuckerberg dibalik kisah sukses dalam mendirikan Facebook. Diharapkan, kisah hidupnya menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tidak mudah menyerah dalam berinovasi. Terutama , harus terus mau belajar untuk menciptakan karya yang sempurna. Seperti halnya yang dilakukan oleh Marc Zuckerberg ini.  

Komentar