Rahasia Membuat Halaman Web yang Bersahabat dengan Spider Search Engine

Komentar · 414 Lihat

Faktor-faktor halaman web bisa masuk urutan 10 besar halaman pertama di search engine favorit

Halaman Web adalah faktor penting, untuk menampilkan branding, perusahaan, bisnis, ataupun produk yang ditawarkan di dunia internet. Halaman Web, di awal bisa berisi about us, atau list produk yang akan dijual. Bisa juga berupa company profile, untuk mengenalkan perusahaan offline anda lebih dikenal secara online.

Dua dekade lalu, sewaktu awal-awal internet berkembang, situs pencari masih mudah dimanupilasi dengan cara mengulang-ngulang satu frase kata yang dijadikan sebagai keyword. Dan terus diulang sebanyak-banyaknya, sehingga mempercepat terindex oleh spider search engine. Dan masuk di halaman pertama 10 besar Search Engine.

Praktik seperti ini sebenarnya membahayakan, karena saat ini bisa dianggap spamming dan dapat menyebabkan URL domain websites di-blacklist. Walau URL bergantung pada frase dan HTML yang dihalaman web anda. Tapi spamming berbahaya menurunkan index halaman web anda.

Satu Search Engine yang bisa membaca hal tersebut adalah Google,  yang saat ini jadi favorit Search Engine di dunia, begitu pula di #Indonesia . Google berkepentingan menganulir halaman yang spamming, karena Google ingin agar mesin pencarinya ini terus disukai. Maka Google lebih menyukai SERP yang alami dan murni. Bukan hasil pencarian yang dimanupalasi para pemilik web.

Faktor utama untuk halaman web bersahabat dengan Spider yaitu ada dua, Keywords dan backlink. Seperti pernah ditulis dalam artikel ini :

https://media.w-all.id/read-blog/75_SEO-DALAM-ARTIKEL-YANG-MEMBUAT-TULISAN-TERINDEX-SERP.html

Keduanya jika cukup banyak tertulis dalam satu halaman web, seperti keywords yang ada di Judul, tag heading, meta tag dan ada dalam teks kalimat yang ditulis di halaman web. Dan backlink yang banyak tertuju ke web bersangkutan, secara kuantitas dan kualitas, semua akan memberikan peluang terhadap web tersebut untuk meraih halaman satu Google.

Rahasia diungkapkan sendiri oleh pihak Google, agar kita yang berusaha untuk membuat halaman web menjadi pencarian di halaman satu Google, tidak tergelincir masuk ke sandbox. Ada faktor-faktor lain selain dua diatas, yang bisa juga menjadi faktor peluang, seperti usia domain, usia halaman web yang terkait dengan kata kunci. Juga usia backlink yang mengarah ke situs halaman web tersebut.

Tapi sebenarnya untuk faktor-faktor tersebut terlihat sederhana. Hanya karena begitu banyak artikel yang memuat tema yang sama di dunia internet. Maka untuk standart index mesin pencari akan begitu kompleks untuk memilah, mana yang seharusnya masuk 10 besar pencarian di halaman satu. Komplesitas ini yang disebut Algoritma. Algoritma ini dinamis sekali, sehingga kita tidak selalu paham, baik cara bekerjanya dan bagaimana prioritas indexnya. Yang kita tahu hanya faktor-faktornya dan bagaimana spider akan berulang kali mengunjungi setiap halaman web situs yang berada di dunia internet.

Maka kita hanya berusaha agar spider tidak melewatkan begitu saja halaman kita, dengan rambu-rambu tulisan sebagai berikut

  1. Setiap halaman web sebaiknya hanya fokus pada satu topik, terdeteksi berupa keywords dan backlink yang masih terkait dengan satu topik tersebut. Ini akan memudahkan spider mengirim ke server pusat Google atau Bing, melakukan scanning topik yang paling menonjol. Jadi saat ada yang mencari keywords satu topik tersebut, peluang halaman web kita muncul cukup besar. Intinya jangan buat spider bingung dengan banyak topik dalam satu halaman. Contoh topik satu halaman, di paragraf satu membahas tentang kaos, di paragraf berikutnya membahas soal herbal, karena kita mempunyai dua produk tersebut dan ditawarkan diweb yang sama.
  2. Bantu Spider untuk mengetahui satu topik halaman tersebut, tidak boleh spamming (satu kata yang terus berulang tanpa menyusun sebuah kalimat)
  3. Dalam judul, uraian penjelasan, frase yang mewakili keywords (produk yang mau dijual), teks halaman web, hyperlinks teks, hyperlink URL, dan Cascading Style Sheet (CSS) dan bermain di font huruf. Semua harus berkaitan dengan topik.

Lain waktu akan dijelaskan mengenai masing-masing rambu di atas dengan contoh-contoh yang memudahkan. Menurut kalian, penjelasan diatas  sudah bisa dipahami?

keyword

Komentar