Pelatihan Islamic Math Adventure dengan Infaq Buku Bekas atau Baru untuk Sesama

Komentar · 64 Lihat

W-ALL membuat Charity Program terbaru lho! Keren abis pokoknya. Pelatihan Islamic Math Adventure yang diselenggarakan W-ALL ini dibayar menggunakan buku bekas. Buku baru juga boleh. Nggak ada yang melarang kok.

Alam berkembang menjadi guru. Dalam pepatah ini tersirat makna, bahwa alam yang kita diami ini sesungguhnya adalah guru yang memberi petuah berisi pendidikan bagi kita. Pada bumi yang kita pijak, udara yang kita hirup, dan air yang kita minum ini tersimpan sejuta misteri ilmu dan pengetahuan yang layak kita kupas helai demi helai.

Tidak dapat dipungkiri buku adalah sumber ilmu dan pengetahuan yang kaya. Namun lebih dari buku terbentang juga lautan ilmu dan pengetahuan yang tersedia untuk kita, yaitu bumi dan seisinya.

“Sedalam apakah bumi ini, Yah?” tanya Ganendra padaku

“Sedalam keinginanmu untuk tekun membaca buku.”  jawabku.

Pertanyaan Ganendra kepadaku sebagai orangtuanya maupun jawaban para ayah lainnya dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun kesibukan orangtua di jaman yang semakin komplek ini menyebabkan kita kadang lalai menjalin komunikasi dengan sang buah hati. Akibatnya, nilai-nilai luhur dalam menuntut ilmu dan pengetahuan sering pula terabaikan.

Hakiki ilmu dan pengetahuan

Ilmu dan pengetahuan sesungguhnya merupakan inti hakiki, pijakan dasar dari semua nilai-nilai yang ada. Hasrat dan ketekunan menuntut ilmu dan pengetahuan seorang anak dengan demikian sangat menentukan mutu pribadinya kelak sebagai manusia dewasa di masa mendatang.

Kebijakan nalar yang berpedoman pada ilmu dan pengetahuan secara formal didapatkan anak di sekolah melalui buku. Namun ilmu dan pengetahuan tidak seyogyanya hanya diajarkan di balik dinding sekolah.  Alangkah baiknya jika orangtua juga mau berlaku sebagai guru anak-anaknya di rumah, di warnet-warnet, di gunung, di lautan, di jalanan, atau di manapun selain di sekolah.

W-ALL Charity Program

 W-ALL Charity Program

Sejalan dengan hasrat memberikan sumbangsih pada negri ini, pada 17 Agustus tahun 2019 telah tumbuh satu institusi baru bernama W-ALL Media Popularitas (WMP). Di media popularitas ini berkumpul orang-orang dengan berbagai latar pendidikan dan pekerjaan untuk membantu anak-anak bangsa ini menumbuhkan hasrat menuntut ilmu dan pengetahuan melalui berbagai kegiatan pembelajaran segala bidang ilmu dan pengetahuan, khususnya matematika, melalui buku.

Perkembangan teknologi tinggi, khususnya teknologi informasi, punya daya tarik yang sangat kuat untuk mengalihkan perhatian anak dari buku. Kita tidak boleh kehilangan akal dan tetap berupaya agar tetap dapat mengakrabkan mereka dengan buku dan pengetahuan. Kami berusaha mendekatkan dan memanfaatkan buku dan teknologi informasi (internet) sebagai sarana untuk menyampaikan ilmu dan pengetahuan pada semua orang, di samping media-media lainnya seperti Flashdisk, majalah dan newsletter. Tanpa memandang perbedaan apapun.

Filosofi kami adalah Pengetahuan Untuk Hari Esok

Potensi anak

Potensi dasar manusia seperti potensi intelektual (fikriyah), spiritual (ruhiyah) dan fisik (jasadiyah) merupakan anugerah Allah yang perlu ditumbuh kembangkan, dibina dan diarahkan dengan baik, benar dan seimbang.

Untuk menjadi sebuah bangsa yang besar diperlukan bangsa yang memiliki pendidikan berkualitas. Pendidikan yang berkualitas merupakan upaya yang harus terus ditumbuh kembangkan dan sudah menjadi tugas bersama, keluarga, lingkungan dan sekolah.

W-ALL Charity Program merupakan sebuah media popularitas yang didirikan dalam rangka meningkatkan potensi setiap insan yang merupakan anugerah Allah, dengan mengupayakan dengan niat tulus dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang baik kepada anak bangsa. Pendidikan tidak harus mahal. Dan pendidikan bisa berlangsung dengan media apapun.

 

Motto W-ALL Book Bank - Charity Program:

Writing is good, plus listening is better, plus speaking is excellent,

without reading is nothing!

 

 Apa itu program W-ALL Book Bank?

W-ALL Book Bank adalah program pendidikan amal bidang matematika tingkat sekolah dasar (SD) dan menengah pertama (SMP). Kami menyebutnya sebagai: W-ALL Charity for Islamic Mathematics Education Program. Materi logika matematika yang ditrainingkan adalah :

“Islamic Math Adventure” (tantangan dan petualangan dalam Matematika Islam) – SD SMP

W-All Book Bank merupakan salah satu aktivitas W-ALL sebagai media popularitas dalam bidang pengembangan dan pelatihan matematika (logika matematika) berbasis Islam untuk para guru dan orangtua murid. Pelatihan ini berlangsung selama 2 jam dan dapat pula diikuti oleh masyarakat umum.

Setiap peserta pelatihan diwajibkan memberikan buku bekas atau buku baru (atau majalah bekas) kepada sekolah yang telah bekerjasama dengan W-ALL Charity Program. Jadi, buku bekas atau buku baru ini diberlakukan sebagai tiket atau biaya mengikuti pelatihan Islamic Math Adventure.

Adapun kriteria buku bekas atau buku baru yang dapat disumbangkan kepada sekolah mitra W-ALL Charity Program adalah:

  • Buku terbitan tahun 2010 hingga tahun 2021
  • Buku (atau majalah) masih dalam kondisi baik (80%-100%) dan layak baca
  • Jumlah eksemplar yang disumbangkan minimal 1 buku bekas atau buku baru dan boleh lebih dari 1 buku
  • Buku bertemakan pendidikan secara umum, novel pendidikan, komik pendidikan, textbook ataupun buku-buku tentang moral Islami dan buku-buku pendidikan anak lainnya
  • Jika sumbangan berupa majalah pendidikan, maka peserta menyerahkan sedikitnya 3 eksemplar dan boleh lebih dari 3 eksemplar

Semua buku bekas atau baru hasil dari sumbangan para peserta pelatihan diserahkan kepada sekolah mitra W-ALL Charity Program. Bagi sekolah mitra W-ALL, buku-buku tersebut digunakan sebagai penambah koleksi perpustakaan sekolah mitra bersangkutan.

Hak dan kewajiban sekolah mitra W-ALL Charity Program

Kewajiban (offline dalam kondisi normal):

  • Setiap peserta mendaftarkan kesertaannya di media popularitas W-ALL
  • Menyediakan ruang kelas dengan kapasitas minimal untuk 30 anak
  • Menyediakan papan tulis (atau white board) beserta alat tulis (atau spidol)
  • Menyebarkan informasi tentang program W-ALL Book Bank kepada calon peserta
  • Menyortir buku-buku yang disumbangkan peserta pelatihan Islamic Math Adventure

Kewajiban (online dalam kondisi pandemi Covid 19)

  • Setiap peserta mendaftarkan kesertaannya di media popularitas W-ALL
  • Menyediakan ruangan untuk aktifitas pembelajaran menggunakan Stream Yard (jumlah peserta maksimal 50 anak/orangtuanya)
  • Tersedia WiFi di ruangan tersebut
  • Menyebarkan informasi tentang program W-ALL Book Bank kepada calon peserta
  • Menyortir buku-buku yang disumbangkan peserta pelatihan Islamic Math Adventure

 Hak:

  • Memperoleh semua sumbangan buku bekas atau buku baru dari peserta pelatihan untuk dijadikan tambahan koleksi perpustakaan sekolah
  • Memperoleh semua materi pelatihan Islamic Math Adventure berupa fila PPT

Hak dan kewajiban W-ALL

Kewajiban:

  • Memberikan materi pelatihan secara lengkap
  • Menyediakan SDM atau trainer untuk pelatihan dimaksud (pak Bekti Hermawan dan bu Ana sebagai pemegang lisensi pelatihan Islamic Math Adventure)
  • Menyediakan e-brosur pelatihan dan menyebarkannya diberbagai lini media untuk calon peserta

Hak:

  • Memperoleh data kepersertaan semua peserta pelatihan Islamic Math Adventure

Visi W-ALL Charity Program

  1. Menjadi W-ALL sebagai media popularitas sekaligus meningkatkan kualitas dan kecerdasan anak bangsa, mampu mengakomodasikan potensi anak bangsa dalam bidang pendidikan matematika, matematika Islam, komputer, internet, iptek, dan bidang keilmuan lainnya)
  2. Sebuah media popularitas yang merangkap peran sebagai intitusi yang mampu membuka mata potensi, anugerah, dan bakat yang dimiliki oleh setiap anak bangsa
  3. Sebuah media popularitas yang turut serta dalam rangka peningkatan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) serta menghargai kejeniusan bawaan seorang anak.
  4. Menyumbangkan pemikiran dan peduli kemajuan bangsa

Tujuan W-ALL Charity Program 

  1. Menumbuh kembangkan, membentuk dan mengarahkan anak bangsa menjadi anak yang kreatif, cerdas dan berbudi luhur.
  2. Memberikan dan mengembangkan kemampuan dasar dan pengetahuan praktis bidang matematika, komputer, internet, iptek, ketrampilan bidang keilmuan lainnya
  3. Menghargai kecerdasan seseorang dengan melihat kecerdasan aslinya
  4. Menjadikan pengetahuan sebagai pijakan dasar ilmu hakiki yang patut dikuasi oleh siapapun dan bisa didapatkan di manapun.

 Sasaran W-ALL Charity Program

  • Melahirkan pribadi-pribadi yang dapat menjadikan ilmu dan pengetahuan sebagai bidang yang menyenangkan dan memberikan inpirasi bagi tumbuhnya kreatifitas
  • Melahirkan anak bangsa yang cerdas, ceria, kreatif dan mampu berdiri di atas kebanggaan dan harga diri

 Kebijakan Operasional W-ALL Chartity Program

  • Pendidikan dan bimbingan belajar terpadu penunjang sekolah : matematika realistik, filsafat matematika, matematika Islam, ilmu komputer dan internet
  • W-ALL Book Bank, Charity for Islamic Mathematics Education Program
  • Pengembangan website sebagai sumber informasi dan pengayaan yang dapat diakses secara cepat dan meluas di seluruh tanah air

Penjelasan lebih detail dan lengkap mengenai W-ALL Book Bank - Charity Program, silahkan kontak bu Ana di WA 0838.5735.4647

Semoga W-ALL Book Bank Charity Program ini bisa dimanfaatkan sebaik-baik oleh 3 pihak yang terlibat, yaitu Sekolah Mitra, W-ALL, dan Peserta Pelatihan sebagai sarana pengembangan peradaban Islam yang berkesinambungan.

Al Fakir Ila Allah - Siti Nurhasanah | AjariAkuIslam.com

Komentar