Tutorial Membuat Blog 18 : Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress

Komentar · 696 Tampilan

Tutorial Membuat Blog 18 : Cara Membuat Website Menggunakan Wordpress, pembahasan lengkap dari pengertian hinga langkah langkah membuat website.

CARA MEMBUAT WEBSITE MENGGUNAKAN WORDPRESS

Anda ingin belajar membuat website namun tidak mengerti tentang pemrograman? Anda tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan platform WordPress untuk membuat website pertama Anda.

 
Dengan adanya platform Wordpress terbukti dapat memudahkan banyak orang untuk bisa membuat dan mempunyai website mereka sendiri. Tak perlu khawatir jika Anda tidak mengerti tentang pemrograman, karena Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada pada WordPress untuk memaksimalkan website Anda.
Untuk Anda yang baru ingin belajar membuat sebuah website dan belum paham mengenai cara dalam membuat website menggunakan WordPress, silahkan simak cara membuat website menggunakan WordPress berikut ini.
 

WordPress Adalah ?

WordPress adalah sebuah platform Content Management System (CMS) yang memiliki fungsi untuk membuat, mengedit, dan menghapus data pada sebuah website. WordPress dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.
Di dalam WordPress itu pula telah tersedia fitur - fitur yang bisa memudah kan Anda untuk membuat sebuah website tanpa harus mengetahui tentang pemrograman. Bisa di bilang, Anda bisa membuat sebuah website tanpa menggunakan coding.
 

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Membuat sebuah website dengan menggunakan platform WordPress memang mudah. Tapi, Anda harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam membuat sebuah website. Berikut cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat sebuah website.

1. Tentukan Website Yang Ingin Anda Buat

Sebelum Anda membuat website menggunakan platform WordPress, pastikan tujuan Anda dalam membuat website. Apa kegunaan website yang Anda buat? Untuk keperluan pribadi atau diperuntukkan untuk bisnis?
Jika Anda sudah mengetahui tujuan Anda dalam membuat website, maka akan memudahkan Anda dalam menentukan konsep website yang akan digunakan, tema website, serta fitur apa saja yang harus ada pada website yang Anda buat.
Berikut beberapa macam website yang sering dibuat.

● Website Pribadi atau Blog

Website pribadi atau blog merupakan salah satu macam website yang terkenal. Mungkin Anda tidak asing bahkan sering mendengar istilah tersebut. Pada umumnya blog berisikan update informasi terbaru. Tidak heran apabila blog memiliki konten yang up to date dan mempunyai audiens tersendiri.
Bukan hanya untuk pribadi saja, namun sebuah blog sering juga digunakan oleh perusahaan maupun orang - orang bisnis. Hal tersebut terjadi karena sebuah blog bisa berpengaruh dalam meningkatkan traffic website dan engagement.

● Website Berita

Jika Anda memiliki hobby di dalam dunia jurnalistik, Anda bisa membuat Website berita dengan menggunakan platform WordPress. Tentukan niche atau tema apa yang ingin Anda buat dalam website berita Anda. Seperti contoh Anda memiliki hobby tentang sepakbola, maka Anda bisa membuat website berita yang berisikan informasi terbaru mengenai semua yang berhubungan dengan sepakbola baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

● Website Toko Online

Jika Anda memiliki sebuah bisnis jual beli barang, Anda bisa membuat website toko online untuk memperjual belikan bisnis Anda secara online. Pada jaman sekarang ini, memiliki sebuah website toko online merupakan hal yang penting bagi Anda yang memiliki bisnis jual beli. Karena saat ini banyak orang yang menggunakan transaksi secara online dalam membeli sebuah barang. Dengan memiliki website toko online juga akan membuat bisnis Anda menjadi lebih terpercaya. Yang perlu di perhatikan dalam membuat website ini, pastikan struktur dan isi website toko online Anda lengkap dan bisa memudahkan pelanggan Anda dalam bertransaksi. Dimulai dari detail produk yang Anda tawarkan, pemilihan pengiriman, metode pbayaran, dan lain sebagainya.

● Website Portofolio

Anda bisa menggunakan platform WordPress untuk membuat website portofolio. Pada umumnya website portofolio digunakan untuk menampilkan hasil karya seseorang ataupun keahlian Anda. Dengan menggunakan website porofolio bisa memudahkan orang untuk mengetahui keahlian Anda dan bisa juga digunakan sebagai media promosi atas hasil karya Anda. Siapa tau dengan menggunakan website portofolio ada orang yang tertarik untuk membeli hasil karya Anda bahkan ingin menggunakan jasa Anda.

● Website Forum

Jika Anda memiliki sebuah komunitas dan memiliki hobby yang sama, Anda bisa membuat website forum menggunakan platform WordPress. Website forum ini berguna untuk Anda bisa menjaring lebih banyak lagi komunitas yang memiliki hobby yang sama di lain wilayah Anda. Dengan menggunakan website forum Anda bisa bertukar pendapat ataupun berbagi informasi mengenai seputaran komunitas dan hobby yang Anda sukai tanpa mengenal wilayah.
 

2. Menentukan Domain dan Hosting

Setiap website pasti membutuhkan yang namanya domain dan hosting. Begitu pula website yang dibuat dengan menggunakan platform WordPress. Kegunaan dari domain dan hosting tidak lain adalah agar orang bisa dengan mudah mengakses website Anda. Untuk penjelasannya silahkan simak ulasan mengenai domain dan hosting berikut ini.

Domain

Domain merupakan nama alamat URL yang berfungsi untuk menunjukkan letak sebuah website. Domain juga menjadi pengganti dari alamat IP fisik di internet. Gunakanlah nama yang mudah diingat dan unik dalam pembuatan domain website Anda. Dengan menggunakan domain, alamat website Anda akan lebih mudah diingat dibandingkan dengan alamat IP numerik. Contoh nama domain misalnya www.namadomainanda.com.

Hosting

Hosting merupakan layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan yang memungkinkan organisasi atau individu untuk menempatkan informasi di internet. Pastikan Anda memilih layanan jasa hosting yang memenuhi syarat seperti:
  • Terjamin keamanan data Anda.
  • Memiliki proses loading yang cepat.
  • Memiliki pelayanan yang cepat serta selalu ada disaat Anda membutuhkan.
  • Memiliki kapasitas RAM yang sesuai dengan macam website Anda.

3. Instal Wordpress

 
Instal platform WordPress pada platform penyedia layanan jasa domain dan hosting Anda. Setiap layanan jasa domain dan hosting memiliki langkah - langkah yang berbeda dalam menginstal platform WordPres. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah - langkah mendownload platform WordPress sesuai dengan layanan jasa domain dan hosting yang Anda gunakan.
 

4. Login ke Dasboard WordPress Anda

Setelah proses instalasi WordPress selesai, yang perlu Anda lakukan adalah login ke dasboard WordPress Anda. Langkah nya adalah dengan membuka URL www.namadomainanda.com/wp-admin. Kemudian masukkan username Anda dan password yang sudah Anda buat ketika proses instalasi WordPress.
 

5. Pilih Tema Website

Pada saat Anda pertama kali mengunduh WordPress, maka tema yang ada pada website Anda masih tema default. Anda bisa mengganti tema website sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk merubahnya silahkan pilih menu Appearance pada menu sebelah kiri dasboar WordPress, kemudian pilih Themes, lalu pilih Add New.
Maka Anda akan dimunculkan dengan berbagai macam tema gratis yang bisa Anda gunakan untuk website Anda. Pastikan tema yang Anda pilih sesuai dengan website yang akan Anda buat. Carilah tema yang mempunyai struktur dan desain yang menggambarkan website yang akan Anda buat agar Anda tidak terlalu banyak mengedit tema tersebut.
 
 
Selanjutnya pilih Install, kemudian pilih Activate. Dan tema yang Anda pilih telah terpasang pada website Anda. Jika Anda ingin memgedit tema Anda, Anda bisa pilih Appearance, kemudian Custumize.
 

6. Ganti Permalink

Google akan mudah mengenali permalink Anda apabila berisikan judul dan kata kunci. Sebenarnya WordPress sudah otomatis membuatkan permalink untuk website Anda. Namun permalink default dari WordPress biasanya sangat panjang dan terdapat angka atau tahun nya. Untuk itu, Anda bisa merubahnya sesuai dengan judul konten Anda besrta kata kunci agar mudah dikenali oleh Google. Langkah - langkahnya adalah pilih Settings, kemudian pilih Permalinks, lalu pilih Post Name, dan pilih Save Changes. Maka otomatis permalink Anda akan berubah.
 

7. Install Plugin WordPress

Install beberapa plugin yang tersedia secara gratis di WordPress. Plugin sendiri merupakan sebuah fitur tambahan yang dibuat untuk menjalankan fungsi tertentu pada website. Ada banyak sekali plugin yang bisa Anda gunakan untuk bisa memaksimalkan website Anda salah satunya Yoast SEO yang berguna untuk menilai konten yang Anda buat apakah sudah SEO Friendly atau belum mulai dari keyword, struktur, judul, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi algoritma Google dalam memberikan peringkat pada website Anda. Untuk menginstall plugin tersebut silahkan pilih menu Plugin, kemudian pilih Add New. Selanjutnya pilih plugin yang ingin Anda tambahkan.
 
 
Begitulah kira - kira cara membuat website menggunakan WordPress. Anda hanya tinggal mengisi postingan dengan konten yang sesuai dengan website yang akan Anda buat dan membuat menu halaman untuk website Anda.
Sekian tutorial cara membuat website menggunakan WordPress dari kami, semoga bermanfaat, terimakasih.
 
 
 
 
Komentar