Tutorial Membuat Blog 20 : Cara Membuat Halaman Website di Wordpress

Komentar · 632 Tampilan

Tutorial Membuat Blog 20 : Cara Membuat Halaman Website di Wordpress secara rinci dan de****l dan dapat mudah dimngerti.

CARA MEMBUAT HALAMAN WEBSITE DI WORDPRESS

 

Bagi sebagian orang yang yang membuat blog maupun website tentu tidak asing dengan istilah halaman atau page. Namun bagi sebagian orang yang baru akan belajar ataupun baru ingin terjun dalam dunia blog. Mungkin akan terdengar asing bahkan belum mengetahui fungsi dan cara membuat halaman atau page.  Berikut ini kami akan menjelaskan cara membuat halaman pada Wordpress bagi pemula beserta dengan penjelasannya.

 

Pengertian Page atau Halaman

Page merupakan sebuah halaman statis pada sebuah website. Yang di mana halamannya tidak bisa diarsipkan, dimasukkan dalam tag, dan kategori pada artikel. Karena memiliki sifat yang statis, page berisikan informasi penting yang terkait dengan blog atau website.

 

Fungsi Page atau Halaman

Secara umum page atau halaman memiliki fungsi untuk membuat halaman about, Privacy Policy, contact, disclaimer, dan halaman lainnya. Halaman atau page  juga bisa digunakan untuk membuat landing page.

 

Perbedaan Halaman dan Post

Terdapat beberapa perbedaan antara halaman dan Post pada sebuah blog ataupun website. Berikut ini beberapa perbedaan dan antara halaman dan post.

 

Halaman Statis dan Post Dinamis

Halaman memiliki sifat yang statis sedangkan post memiliki sifat dinamis. Statis memiliki arti tidak berubah atau tetap sedangkan dinamis memiliki arti dapat berubah menyesuaikan dengan isi konten yang di sampaikan. Halaman tidak berarti karena memiliki sifat statis tidak bisa dirubah-rubah setelah dibuat. Melainkan dengan memiliki sifat statis tersebut tidak membutuhkan banyak penyesuaian.

 

Halaman Untuk Informasi Mengenai Blog Sedangkan Post Untuk Artikel Blog

Halaman digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna mengenai semua yang terkait tentang Blog tersebut. Seperti About, Disclaimer, Privacy Policy, Contact, dan lain sebagainya. Sedangkan Post merupakan inti dari sebuah blog. Post digunakan untuk membuat Artikel yang kemudian di Publikasikan agar dapat dilihat oleh pengunjung website atau blog. 

 

Selain itu halaman tidak bisa di kelompokkan dengan menggunakan fitur tag dan kategori. Sedangkan Post bisa dikelompokkan dalam tag dan kategori. Tetapi Halaman bis dikelompokkan dalam menu navigasi.

 

Cara Membuat Halaman di WordPress

Bagi Anda yang ingin belajar membuat halaman pada Wordpress. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat halaman di Wordpress.

 

1. Login Akun WordPress 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka browser anda. Jika Anda menggunakan domain Wordpress silahkan ketikkan alamat https://wordpress.com/lo-gin. Tetapi apabila anda menggunakan domain dan server hosting sendiri maka  Anda bisa login menggunakan domainanda.com/wp-admin/ (nama "domainanda" diganti dengan nama domain website anda).

 

2. Pilih Menu Page Pada Dashboard Admin

Kemudian anda akan di arahkan menuju tampilan dashboard Wordpress. Kemudian pada bagian sebelah kiri dashboard carilah menu Page. Lalu pilih add new untuk membuat page baru. Jika All Page berguna untuk melihat seluruh daftar halaman yang sudah Anda buat.

 

3. Mengisi Konten Halaman

Tampilan untuk membuat konten lanang bersama dengan tampilan untuk membuat Post. Selanjutnya silakan Tuliskan judul halaman yang akan anda buat pada kolom Add title. Selanjutnya isi halaman yang ingin anda buat pada halaman kosong tersebut.

 

4. Memilih Konten Untuk Halaman

Anda bisa memilih konten yang ingin Anda isi pada Halaman page website atau blog Anda. Anda bisa mengisi konten halaman Anda dengan Paragraf, Embed, Image, Shortcode, Quote, Gallery. Jika Anda mau, Anda bisa mengkombinasikan semua itu menjadi satu halaman.

5. Publikasikan Halaman

Setelah Anda selesai membuat konten pada halaman. Langkah selanjutnya adalah pilih Publish. Halaman website atau Blog Anda pun selesai di buat.

 

Begitulah tutorial cara membuat halaman di WordPres. Untuk Anda yang ingin baru belajar membuat website, Anda bisa mengikuti langkah diatas untuk membuat halaman website atau blog Anda.

Sekian penjelasan mengenai tutorial membuat halaman website di blog dari kami, semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

BACK

Komentar